Komunikasi Persuasif Tentang Kesehatan Mental Melalui Komik Digital (Studi pada Akun Instagram @petualanganmenujusesuatu)

Priscilla Septhimoranie Hadhinoto, Roswita Oktavianti
| Abstract views: 748 | views: 1001

Abstract

Mental health is an issue labeled as taboo and is very rarely discussed in Indonesia. This issue calls for works in order to spread mental health awareness and one of the ways is by doing persuasive communications through digital comics. The purpose of this research is to study persuasive communications about mental health through digital comics. This research was conducted using qualitative approach and case study method on an Instagram account named @petualanganmenujusesuatu. Data collection techniques used in this research were interview, observation, and literature review. The researches used Persuasive Communications, Mental Health, dan Digital Comics Theory. The results of this research indicate 3 things, the implementation of persuasive communications about mental health through digital comics have 3 types of purposes which are affective, cognitive, and conative purpose. Strategies implied are strategies in composing messages, choosing the channel, and feedback. Persuasive communications about mental health through digital comics is also influenced by the visualization of the comics itself as the media, through character depiction and color selection.

Kesehatan mental adalah suatu isu yang masih dianggap tabu dan jarang dibicarakan di Indonesia. Hal ini mendorong upaya untuk menyebarkan kesadaran tentang kesehatan mental, salah satunya dengan melakukan komunikasi persuasif melalui komik digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi persuasif tentang kesehatan mental melalui komik digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada akun Instagram @petualanganmenujusesuatu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Teori yang digunakan adalah Teori Komunikasi Persuasif, Kesehatan Mental, dan Komik Digital. Hasil penelitian terdiri atas 3 hal, yaitu pelaksanaan komunikasi persuasif tentang kesehatan mental melalui komik digital memiliki 3 tujuan secara afektif, kognitif, atau konatif. Strategi yang digunakan adalah strategi penyusunan pesan, pemilihan saluran, dan umpan balik. Selain itu, komunikasi persuasif tentang kesehatan mental juga dipengaruhi oleh visualisasi komik sebagai medianya, yaitu melalui penggambaran karakter dan pemilihan warna. 

 

Keywords

Komunikasi Persuasif; Kesehatan Mental; Komik Digital

Full Text:

PDF

References

Abdi, Alfian Putra. (2019, Maret 5). Kemenkes Sebut Masalah Kesehatan Jiwa Perlu Disikapi Serius. September 5, 2019. https://tirto.id/kemenkes-sebut-masalah-kesehatan-jiwa-perlu-disikapi-serius-diuR

Budarti, Kurnia, Budiarjo, Hardman & Patricia, Florens. (2018). Perancangan Buku Komik Dengan Teknik Digital Tentang Mengatasi Stres pada Dewasa Awal Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi. Jurnal Art Nouveau Vol. 7 No. 2.

DeVito, Joseph A. (2011). Komunikasi Antar Manusia, Edisi Ke-5. Jakarta: Karisma Publishing Group.

Dilla, Asyffa Nauma & Candraningrum, Diah Ayu. (2019). Komunikasi Persuasif Dalam Kampanye Gerakan Anti Hoaks oleh Komunitas Mafindo Jakarta. Jurnal Koneksi, Vol. 3 No. 1, 199-206.

Ghony, M. Djunaidi & Almanshur, Fauzan. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hartini, N., Fardana, N. A., Ariana, A. D., & Wardana, N. D. (2018). Stigma toward people with mental health problems in Indonesia. Psychology Research and Behavior Management vol.11, 535-540.

Hendri, Ezi. (2019). Komunikasi Persuasif: Pendekatan dan Strategi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ritonga, M. Jamiluddin. (2005). Tipologi Pesan Persuasif. Jakarta: PT Indeks.

Soebiantoro, Jonathan. (2017). Pengaruh Edukasi Kesehatan Mental Intensif Terhadap Stigma pada Pengguna Layanan Kesehatan Mental. INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental Vol. 2 No. 1, 1-21

Soemirat, H. & Suryana, A. (2014). Komunikasi Persuasif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tubbs, Stewart L. & Moss, Sylvia. (2008). Human Communication. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Copyright (c) 2020 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.