Tingkat Kepuasan Infromasi Kuliner Terhadap Penggunaan Instagram @anakjajan

Veeren Monica Sanjaya, Gafar Yoetadi
| Abstract views: 61 | views: 38

Abstract

Seiring berjalannya waktu, teknologi internet semakin luas dan mudah. Salah satunya perkembagan media social yaitu Instagram yang paling banyak digunakan. Dalam Instagram tidak hanya digunakan untuk bersosialisasi, dan berkomunikasi, tetapi kini Instagram menjadi sarana informasi kuliner yang banyak digunakan oleh masyarakat khusunya bagi mereka pencita kuliner. Sebagai salah satu contohnya dengan adanya akun kuliner @anakjajan yang memiliki cukup banyak followers.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan informasi kuliner terhdapa penggunaan Instagram para followers @anakjajan. Penelitian menggunakan uses and gratification, kepuasan informasi terdiri dari informasi seeking, entertainment, personal indentity, social integration and interaction dan penggunaan media social Instagram yaitu jumlah waktu, isimedia, dan hubungan media dengan individu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif metode deskriptif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini followers @anakjajan dengan 100 responden. Pada penelitian ini dilakukan uji validitas, relibitas, normalistas koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji t. jadi kesimpulannya dari hasil koefisiein determinasi terdapat 0,138 yang artinya Kepuasan Informasi Kuliner sebesar 13,8% terhadap Penggunaan Instagram

Keywords

Kepuasan Informasi; Uses and Gratification; Penggunaan Media Sosial

Full Text:

PDF

References

Ardianto, Elvinaro, dkk. (2007). Komunikasi Massa (edisi revisi) Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Afif Fuadi (2018). Penggunaan Instagram dan Tingkat Pemenuhan Kebutuhan Informasi

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Nasrullah, Rulli (2015) Perspektif Komunikasi Budaya dan Sosioteknologi. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media

Krisyantono, Rachmat (2006) Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Copyright (c) 2019 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.