Analisis YouTube TVRI Dalam Meningkatkan Jumlah Penonton
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai analisis youtube TVRI dalam meningkatkan jumlah penonton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh gambaran tentang kemunculan YouTube yang mendorong masyarakat menggunakan YouTube sebagai sumber informasi dan hiburan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deksriptif dan menggunakan metode penelitian studi kasus sebagai landasan untuk mengumpulkan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah wawancara dengan beberapa narasumber dan melakukan observasi ke bagian media sosial TVRI. Hasil dari penelitian ini adalah YouTube TVRI berupaya meningkatkan jumlah penonton dengan menampilkan tayangan-tayangan unggulan seperti drama korea oshin, pertandingan bulu tangkis dalam negeri dan luar negeri. Yang menjadi pembeda dengan YouTube milik stasiun televisi lain adalah YouTube TVRI memiliki konten-konten tentang kebudayaan Indonesia.
Article Details
References
Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
http://tvri.go.id/about (diakses pada 17 Juli 2019)
Fitrah, Muh dan Lutfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Susanto, Eko Harry (2018). Komunikasi Manusia. Jakarta: Mitra Wacana Media
Susanto, Eko Harry dan Sisca Aulia. (2018). Electronic Word of Mouth Dalam Proses Keptusan Konsumen (Studi Di Go-Jek). Prosiding KNKH
https://www.youtube.com/watch?v=TA7089EnS9g&t=28s
(diakses pada 17 Juli 2019)
https://www.youtube.com/watch?v=SsSiY0r12DA&t=21s
(diakses pada 17 Juli 2019
https://www.youtube.com/watch?v=XHARDRL6o3s&t=22s
(di akses pada 17 Juli 2019)
https://socialblade.com/youtube/channel/UCyIMsCzDRm8_y_6wM26_PWQ/monthl (di akses pada 17 Juli 2019)