Pengaruh Terpaan Media Online Terhadap Brand Image Kini Capsule

Dionisius Kevin, Wulan Purnama Sari
| Abstract views: 177 | views: 578

Abstract

Kini Capsule adalah sebuah hotel minimalis dengan bentuk kapsul yang berlokasi di Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan media online terhadap brand image dengan menggunakan Kini Capsule sebagai objek penelitian. Peneliti memilih Kini Capsule sebagai objek penelitian karena merupakan hotel yang memiliki konsep unik serta menggunakan strategi pemasaran yang memanfaatkan media online. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode kuesioner. Populasi  Ddalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menginap di Kini Capsule dengan sampel penelitian sebanyak 100 responden. Hasil kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa terpaan media memiliki pengaruh sebesar 7,9% dan signifikan terhadap brand image Kini Capsule, sementara 92,1% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Di dalam penelitian ini, terdapat dua dimensi yang paling berpengaruh yakni dimensi frekuensi (terpaan media) dan dimensi keunikan (brand image). Pada dimensi frekuensi dijelaskan mengenai seberapa sering khalayak menerpa dirinya ke dalam informasi, yakni dalam penelitian ini berkaitan dengan semakin tingginya frekuensi seseorang untuk memperoleh informasi mengenai Kini Capsule. Keunikan menjelaskan mengenai perbedaan di antara Kini Capsule dengan penginapan yang lain. Di dalam penelitian ini, keunikan ditunjukan melalui bentuk kapsul Kini Capsule dan desain arsitekturnya yang bertemakan Indonesia. Hal tersebut menjadi faktor utama yang menjadi daya tarik masyarakat untuk datang dan mengunjungi Kini Capsule.

Keywords

Terpaan Media; Brand image; Hotel

Full Text:

PDF

References

Akdon & Riduwan. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika Cet 2, Alfabeta.

Annenberg Media Exposure Research Group. (2008). Linking Measures of Media Exposure to Sexual Cognitions and Behaviors: A Review, Communication Methods and Measures.

Ardianto, Komala, Karlinah. (2012). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung. Simbiosa Rekatama Media

Effendy, Onong Uchjana. (2008). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kini Capsule. (2018). Kini Capsule Instagram Profile. . Diunduh tanggal 5 September 2018.

Knobloch-Westerwick, Silvia. (2014). Choice and Preference in Media Use: Advances in Selective Exposure Theory and Research. London: Routledge.

Kompas Travel. (2016). Gebrakan Presiden Jokowi Gairahkan Sektor Pariwisata. . Diunduh tanggal 5 September 2018.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 (Edisi 13). Jakarta: Erlangga

Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Marta, R., & Monica William, D. (2017). Studi Terpaan Media Pemasaran Melalui Posting Instagram Terhadap Ekuitas Merek Pelanggan Sumoboo!. Jurnal Komunikasi, 8(1), 68-82. Retrieved from . Diunduh tanggal 5 September 2018.

Maxmanroe. (2017). Strategi Pemasaran Modern. . Diunduh tanggal 12 Oktober 2018.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis. Kasus. Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Suara. (2016). Asosiasi Hotel Akui Ada Peningkatan Tamu Berkat Promosi Wisata. . Diunduh tanggal 5 September 2018.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tribun News. (2018). Bisnis Perhotelan di Indonesia Memasuki Era Baru. . Diunduh tanggal 15 September 2018.

Copyright (c) 2019 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.