Pemanfaatan Aplikasi Mamikos sebagai Sarana Strategi Komunikasi Pemasaran Cokelat Residence
Main Article Content
Abstract
The development of communication media in Indonesia is growing very rapidly. With the growth of people's needs in Indonesia, there has also been an increase in communication media created according to people's needs. Not only is it used to ask for news, but many communication media have emerged, especially media used to communicate and promote and buy and sell residences such as apartments and boarding houses to make it easier for people to meet their needs without having to communicate and transact face to face. This research aims to find out how applications are used as a means of marketing communication strategy. This research uses marketing communication theory and in analyzing the data obtained, the SOSTAC model is used. Apart from observing and documenting, the researcher also conducted interviews with the boarding house owner and two boarding house tenants. From this research, it was found that several strategies were carried out by Cokelat Residence, namely conducting research on things that are often asked by prospective tenants at Mamikos to be used as content for messages that will be shared during broadcasts, including the availability of rooms with a higher number, increasing advertisements for available rooms at Mamikos and others
Perkembangan media komunikasi di Indonesia berkembang sangat pesat. Dengan adanya pertumbuhan kebutuhan masyarakat di Indonesia, maka bertambah juga media komunikasi yang diciptakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tak hanya digunakan untuk bertanya kabar, tetapi sudah banyak media komunikasi yang bermunculan terutama media yang digunakan untuk berkomunikasi dan mempromosikan hingga memperjual-belikan tempat tinggal seperti apartemen hingga rumah kos guna mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya tanpa harus berkomunikasi dan bertransaksi secara langsung. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisi dan mengetahui bagaimana pemanfaatan aplikasi sebagai sarana strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini juga memanfaatkan teori komunikasi pemasaran dan dalam menganalisis data yang diperoleh, digunakan model SOSTAC. Selain melakukan observasi dan dokumentasi, peneliti juga melakukan wawancara dengan pemilik rumah kos dan dua orang penyewa rumah kos tersebut. Dari penelitian ini ditemukan beberapa strategi yang dilakukan oleh Cokelat Residence yaitu Melakukan riset mengenai hal yang sering ditanyakan oleh calon penyewa di Mamikos untuk dijadikan isi pesan yang akan dibagikan saat broadcast, mencantumkan ketersediaan kamar dengan jumlah lebih tinggi, Menaikkan iklan pada kamar yang tersedia di Mamikos dan lainnya
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. 1(2), 131–136. http://jurnal.iaii.or.id
Ashari, S. F., Amini, A., Lubis, N. A., & Silalahi, R. P. (2022). Efektivitas Aplikasi Mamikos Dalam Meningkatkan Visitor dan Pemasaran Kos Di Kota Medan. Jurnal Manajemen Akuntansi, 2, 748.
Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Qiara Media.
Kusniadji, S. (2017). Suherman Kusniadji : Kontribusi Penggunaan Personal Selling Kontribusi Penggunaan Personal Selling Dalam Kegiatan Komunikasi Pemasaran Pada Era Pemasaran Masa Kini. Jurnal Komunikasi, 9.
Kusumaningsih, S., Sutopo, J., & Nurlaeli, F. (2021). Buku Panduan Marketplace.
Mamikos. (n.d.). Mamikos Brand Guideline.
Rahartri. (2019). Media Komunikasi Efektif pada Layanan Jasa Informasi Studi kasus di kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. 26(2).
Rusdi, F., & Genep, S. G. (2018). Analisis Industri Kreatif Dalam Memanfaatkan Identitas Kota Melalui Media Baru. Jurnal Komunikasi, 10, 97. www.evergrunge.com
Shatria, L. S. (2016). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PINED PERIGEE WEARHOUSE SEBAGAI FASHION STORE DI KOTA SOLO (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Komunikasi Pemasaran PINED PERIGEE WEARHOUSE Dalam Mencitrakan Produk Sebagai Premium Class Retail Yang Berada Di Kota Solo).
Suparno, A. B., Widodo Muktiyo, & RR. Susilastuti DN. (2016). MEDIA KOMUNIKASI Representasi Budaya dan Kekuasaan.