Dampak Electronic Word of Mouth (E-WoM) terhadap Keputusan Pembelian Produk NPURE Pada Generasi Z

Isi Artikel Utama

Azlina Az’zahra
Sisca Aulia

Abstrak

Social media makes it easier for consumers to reach information about products and at the same time increases their popularity. This change shows a shift in marketing strategy from conventional media to social media, the majority of users are Generation Z. One effective marketing strategy is Electronic Word of Mouth (E-WOM), where user reviews, recommendations and testimonials are spread online and can be accessed at any time. This research focuses on the impact of Electronic Word of Mouth (E-WOM) on purchasing decisions for NPURE products in Generation Z, with quantitative methods, and using purposive sampling techniques also questionnaires as data collection tools, involving 100 respondents from Generation Z who actively use social media, domiciled in Jabodetabek, and heard or tried NPURE products. The results of this research found a significant positive relationship between Electronic Word of Mouth (E-WOM) and purchasing decisions, with correlation coefficient 0.665, indicating a strong correlation between two variables, while the determination value was 44%. Research shows that Electronic Word of Mouth has a significant impact on purchasing decisions for NPURE products. These findings show the importance of Electronic Word of Mouth as an efficient marketing strategy to create customer trust and encourage purchasing decisions.


Media sosial memudahkan konsumen untuk menjangkau informasi mengenai produk dan sekaligus meningkatkan popularitasnya. perubahan ini menunjukkan peralihan strategi pemasaran dari media konvensional ke media sosial, yang sebagian besar penggunanya adalah Generasi Z. Salah satu pendekatan pemasaran yang efektif adalah Electronic Word of Mouth (E-WOM), dimana ulasan, rekomendasi, serta testimoni pengguna tersebar secara online dan dapat diakses kapan saja. Penelitian ini berfokus untuk meneliti dampak Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap keputusan pembelian produk NPURE pada Generasi Z, memakai metode kuantitatif, serta menerapkan teknik purposive sampling dan kuesioner sebagai alat pengumpulan data, dengan melibatkan 100 responden dari generasi Z yang aktif menggunakan media sosial, berdomisili di Jabodetabek, serta pernah mendengar atau mencoba produk NPURE. Hasil penelitian ini menemukan hubungan positif signifikan antara Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan keputusan pembelian, dengan nilai koefsien korelasi sebesar 0,665, menunjukan korelasi kedua variabel kuat, sementara nilai determinasi sebesar 44%. Penelitian menunjukan Electronic Word of Mouth memiliki dampak signifikan terhadap keputusan pembelian produk NPURE. Temuan tersebut, menegaskan pentingnya Electronic Word of Mouth sebagai strategi promosi yang efisien untuk menciptakan kepercayaan pelanggan serta mendorong keputusan pembelian.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Az’zahra, A., & Aulia, S. (2025). Dampak Electronic Word of Mouth (E-WoM) terhadap Keputusan Pembelian Produk NPURE Pada Generasi Z. Prologia, 9(1), 164–173. https://doi.org/10.24912/pr.v9i1.33381
Bagian
Articles
Biografi Penulis

Azlina Az’zahra, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sisca Aulia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Referensi

Aulia, Sisca., S. E. H. (2018). ELECTRONIC WORD OF MOUTH DALAM PROSES KEPUTUSAN KONSUMEN (STUDI DI GO-JEK). Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi Humanis, 160–168.

Iqbal, M. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Word Of Mouth Terhadap keputusan pembelian dengan minat Beli Sebagai Variabel Intervening pada Malacca Kopi Padang. Interdisciplinary Journal of Computer Science, Business Economics, and Education Studies (ICESB, 1(2), 191–198.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen. United States of America: Courier/Kendallville.

Mahmudan, A. (2022). Survei: Generasi Z Indonesia Paling Gandrung Gunakan Internet. Https://Dataindonesia.Id/Internet/Detail/Survei-Generasi-z-Indonesia-Paling-Gandrung-Gunakan-Internet.

Milatina, A. (2023). Strategi pembelajaran Berbasis Proyek pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Perekerti dalam penguatan Profil Belajar Pancasila Tema kearifan lokal Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Balen Bojonegoro. (Doctoral dissertation, Universitas Nahdlatul Ula).

NPURE. (2022). Setelah Menjadi Skincare Natural Terbaik Indonesia, NPURE Kini Mendapatkan Penghargaan dari Museum Rekor Indonesia. Https://Npureofficial.Id/Blogs/Npure-Story?Page=2#:~:Text=Setelah%20Menjadi%20Skincare%20Natural%20Terbaik,Rekor%20Dunia%20Indonesia%20(MURI).

Ramadhani, B. (2015). Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap Keputusan Pembelian di Surabaya (Studi terhadap Toko Online Zalora dan BerryBenka). (Doctoral dissertation, STIE PErbanas Surabaya).

Rohmah, A. A. (2023). Pegaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Pendidikan.

Setio, A. H., Fatoni, U. F., & Putri Sevi Agustin. (2024). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E- WOM) Dan Online Customer Review (OCR) Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 3(1), 126–135. https://doi.org/10.55606/jempper.v3i1.2718

Valentina, N., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Secondate Beauty. Prologia, 5, 335. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10207

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.