Pengaruh Daya Tarik Pesan Iklan e-commerce Shopee di Televisi dan Promosi Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian

Chyntia Wulandari, Rezi Erdiansyah
| Abstract views: 1177

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Daya Tarik Pesan Iklan dan promosi Word of Mouthterhadap Keputusan Pembelian. Teori yang dibahas dalam penelitian ini adalah teori Daya Tarik Pesan Iklan, promosi Word of Mouth, dan Keputusan Pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis metode eksplanatif. Penelitian menggunakan teknik non-probability sampling jenis insidental sampling dengan responden sebanyak 109 dan kriteria responden adalah (1) sering menggunakan e-commerceShopee minimal sekali dalam sebulan, (2) berusia 20-35 tahun, (3) pernah merekomendasikan e-commerce Shopee. Uji persyaratan analisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan uji normalitas. Teknik pengumpulan data studi lapangan dengan menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Metode penelitian menggunakan regresi linear berganda, koefisien kolerasi dan koefisien determinasi. Sehingga hasil uji koefisien korelasi sebesar 0.911 artinya nilai koefisien korelasi 0.911 pada interval >0.75-0.99 memiliki hubungan antar variabel Daya Tarik Pesan Iklan dan promosi Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian sangat kuat. Sedangkan pada koefisien determinasi menemukan nilai sebesar 0.830 yang artinya sangat kuat. Pada uji parsial (uji t) diketahui bahwa terdapat hipotesis 1 yang artinya ada pengaruh vaeiabel Daya Tarik Pesan Iklan terhadap Keputusan Pembelian, dan hipotesis 2 juga ada pengaruh promosi Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian. Maka pada hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh Daya Tarik Pesan Iklan dan promosi Word of Mouthterhadap Keputusan Pembelian. Jadi hasil dari penelitian ini adalah antar variabel saling memiliki hubungan dengan nilai sebesar 83% dan variabel yang paling dominan adalah variabel Daya Tarik Pesan Iklan.

Keywords

daya tarik pesan iklan; keputusan pembelian; word of mouth

References

Aria, Pingit. (2018). Shopee Catatkan Transaksi Rp 59 Triliun, 40% dari Indonesia.

Aulia, S & Sendjaja, S. D. 2015. PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP INDONESIA DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PEREMPUAN DEWASA MUDA (FOLLOWER SHOPEE INDONESIA). Retrieved Juni, 14, 2018, From jurnaluntar.ac.id https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/1423

Indonesia.

Kanaidi. (2011). Dasar-Dasar Periklanan: Daya Pikat Pesan Iklan dan

KEPUASAN DAN WORD OF MOUTH DI PERGURUAN TINGGI

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran Jilid 2. Kuantitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Machfoedz, Mahmud. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Manfaat Amblent Media Sebagai Terobosan dalam Periklanan.

Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah. (2013). Metode Penelitian

Retrieved Juni, 22, 2018, From Katadata.co.id Online: https://katadata.co.id/berita/2018/03/02/shopee-catatkan-transaksi-rp-59-triliun-40-dari-indonesia

Setyowati, Dessy. (2018). Shopee Rilis Fitur Beli Pulsa dan Kuota

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. SWASTA.

Theodora, Jessica. (2017). PENGARUH DAYA TARIK IKLAN SHOPEE

Zoebazary, Ilham (2010). Kamus Istilah Telivisi & Film. Jakarta.

Copyright (c) 2018 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.