Pengaruh Terpaan Media dan Celebrity Worship terhadap Tingkat Adiksi Drama Korea pada Dewasa Awal

Main Article Content

Yi Thing
Wulan Purnama Sari
Lydia Irena

Abstract

Media exposure plays a significant role in increasing the popularity of Korean dramas. Human life is also greatly influenced by technology and the mass media.  In an effort to find their identity, adolescents often idealize celebrities as perfect role models, a phenomenon commonly known as celebrity worship.  With this background, this study aims to analyze the influence of media and celebrity worship on Korean drama addiction among early adults. A quantitative method with a questionnaire instrument was used, and the multiple linear regression data analysis technique was applied to test the hypothesis. The results of the study found that media exposure had a partial effect on the level of addiction, while the celebrity worship variable did not have a partial effect. This means that the more often someone is exposed to media related to Korean dramas and the higher the level of worship of the actors, the greater the likelihood they will be addicted to watching them. Simultaneously, media exposure and celebrity worship have an influence of 25.3% on the level of Korean drama addiction. In conclusion, this study provides empirical evidence that both media and celebrity worship play a significant role in driving Korean drama addiction among early adults.


Terpaan media memainkan peran yang sangat signifikan dalam menaikkan popularitas drama Korea. Kehidupan manusia pun sangat dipengaruhi oleh teknologi dan media massa. Dalam upaya mencari identitas diri, remaja seringkali mengidealkan selebritas sebagai role model yang sempurna, hal ini biasa disebut sebagai celebrity worship. Dengan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh media dan celebrity worship terhadap adiksi drama Korea pada kalangan dewasa awal. Metode penelitian kuantitatif dengan instrumen kuesioner digunakan, dan teknik pengolahan data analisis regresi linear berganda diaplikasikan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menemukan terpaan media berpengaruh secara parsial terhadap tingkat adiksi, sedangkan variabel celebrity worship secara parsial tidak memiliki pengaruh. Ini berarti, semakin sering seseorang terpapar media terkait drama Korea dan semakin tinggi tingkat pemujaannya terhadap para pemain, maka semakin besar kemungkinan mereka akan kecanduan tontonan tersebut. Secara simultan, terpaan media dan celebrity worship memiliki pengaruh sebesar 25,3% terhadap tingkat adiksi drama Korea. Simpulannya, penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa baik media maupun pemujaan selebriti memiliki peran besar dalam mendorong kecanduan drama Korea pada kalangan dewasa awal.

Article Details

How to Cite
Thing, Y., Sari, W. P., & Irena, L. (2025). Pengaruh Terpaan Media dan Celebrity Worship terhadap Tingkat Adiksi Drama Korea pada Dewasa Awal. Prologia, 9(1), 121–130. https://doi.org/10.24912/pr.v9i1.33209
Section
Articles
Author Biographies

Yi Thing, Universitas Tarumanagara

Fikom Untar

Lydia Irena, Universitas Tarumanagara

Fikom Untar

References

Aiman, U., Jannah, K. A. M., Fadilla, S. H. Z., M.Kes. Masita, M. Pd. I. Ns. T. S. Kep., & M.Pd. Meilida Eka Sari, M. Pd. M. K. N. A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Ananda, H. N., Arpandy, G. A., & Ariani, L. (2024). Pengaruh Celebrity Worship Terhadap Perilaku Impulsive Buying pada Penggemar Pembeli Merchandise Jaemin NCT Dream. Jurnal Psikologi, 1(4), 17. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2832

Fiolitha, M. (2020). PERANAN TEKNOLOGI AUDIOVISUAL DALAM FENOMENA HALLYU SEBAGAI BUDAYA DAN GAYA HIDUP REMAJA DI JAKARTA. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 22(2), 184. https://doi.org/10.26623/jdsb.v22i2.2729

Herawati, E., & Utami, L. W. (2022). Adiksi Internet Menyebabkan Masalah Emosional Dan Perilaku Pada Remaja. Biomedika, 14(1), 74–80. https://doi.org/10.23917/biomedika.v14i1.17126

Josephine, J., Priyowidodo, G., & Tjahyana, L. J. (2019). Pengaruh Terpaan Media Pada Official Page Facebook Najwa Shihab Terkait Pemilihan Presiden 2019 Terhadap Pengambilan Keputusan Pemilih Dalam Menentukan Presiden Pada Pemilihan Presiden 2019. E-Komunikasi, 7(2), 1–9.

Khairiah, K., Puspasari, C., Candrasari, R., & Husniati, A. M. (2022). Terpaan Drama Korea Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 3(2), 410. https://doi.org/10.29103/jspm.v3i2.4013

Kustiawan, W., Siregar, F. K., Alwiyah, S., Lubis, R. A., Gaja, F. Z., Pakpahan, N. S., & Hayati, N. (2022). Komunikasi Massa. Journal Analytica Islamica, 11(1), 134. https://doi.org/10.30829/jai.v11i1.11923

Marlin Benu, J. Y., Takalapeta, T., Nabit, Y., Studi Psikologi, P., & Kesehatan Masyarakat, F. (2019). Perilaku Celebrity Worship pada Remaja Perempuan. In Journal of Health and Behavioral Science (Vol. 1, Issue 1).

Okmy Intan Cahyani, Alif Muhammad Zakaria, & Faatihatul Ghaybiyyah. (2022). the Effect of Celebrity Worship and Loneliness on Internet Additional Trends in Adolescent K-Pop Fans. Jurnal Penyuluhan Agama, 9(2), 195–208.

Putri, A. (2022). Prosiding Jurnalistik Hubungan Kontrol Diri dengan Kecanduan Menonton Drama Korea pada Dewasa Awal.

Qomariah, & Nofianti, L. (2017). Metode Penelitian Survey. 11(1), 92–105.

Ristia Amalia, K., Jamanie, F., & Wahyuni Arsyad, A. (2019). Pengaruh Terpaan Film Uang Panai’ Maha (R)L Terhadap Persepsi Mahasiswa Tentang Tradisi Uang Panai’ Suku Bugis di Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi , 7(2), 218–231.

SARAGIH, E. S. (2020). Kontrol Diri dan Kecenderungan Internet Addiction Disorder. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 4(1), 57. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v4i1.1859

Setiawan, M. H., Komarudin, R., & Kholifah, D. N. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Tampilan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pemilihan Aplikasi Marketplace. Jurnal Infortech, 4(2), 141.

Setyanto, Y., Winduwati, S., & Utami, L. (2017). No Title. Perilaku Bermedia Remaja Awal Terhadap Sosok Idolanya (Kajian Parasosial Remaja Tingkat Awal Sebagai Efek Penggunaan Media Baru) Early Adolescent Behavior On Media Toward Idol Figure (Parasocial Study On Preliminary Youth As An Effect Of New Media), 7, 14.

Sparta, S., & Rheadanti, D. K. (2019). Pengaruh Media Exposure Tehradap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Perusahaan Manufaktur Terdaftar di BEI. EQUITY, 22(1), 12–25. https://doi.org/10.34209/equ.v22i1.903

Subakuh, A. R., & Febrieta, D. (2024). Celebrity Worship dan Citra Tubuh pada Komunitas Penggemar K-Pop. 4, 1321–1330.

Tansy, S., & Kuniawati, M. (2023). Pengaruh celebrity worship syndrome terhadap psychological well-being Army BTS. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(6), 5796–5805.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.