Marketing Public Relations Chongqing Hotpot dalam Membangun Hubungan dengan Pelanggan
Main Article Content
Abstract
In the current era of globalization, the business industry is experiencing very rapid developmrnt. Companies that want to be an advance must be able to provide good service to customers, product in the form of quality goods and services, and fast delivery. To stay competitive, Public Relations is needed to continue to innovate in the business sector. Public Relations is needed in a company to continue to maintain relationships with the customers. To maintain a good relationship with customers, there is a Public Relations strategy, called Marketing Public Relaions (MPR) activities. Marketing Public Relations (MPR) can also be defining as planned activities and continuous efforts made in good faith to gain understanding between the company and the audience. This research aims to discuss the Marketing Public Relations that applied by Chongqing Hotpot to maintain good relations with customers. This research was conducted through a qualitative approach with study case method, the results shoewed that Chongqing Hotpot applies Marketing Public Relations which includes push, pull, and pass strategies in maintaining good relations with customers.
Di era globalisasi saat ini, industri bisnis sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perusahaan yang ingin maju harus dapat memberikan layanan yang baik kepada para pelanggan, produk berupa barang dan jasa yang berkualitas, dan pengiriman yang cepat Untuk tetap bersaing, Public Relations sangat dibutuhkan untuk terus berinovasi dalam sektor bisnis. Public Relations dibutuhkan di sebuah perusahaan agar bisa terus menjaga hubungan dengan para konsumen. Agar dapat menjaga hubungan yang baik dengan para pelanggan terdapat strategi Public Relations yaitu kegiatan Marketing Public Relations (MPR). Marketing Public Relations (MPR) dapat diartikan juga sebagai kegiatan terencana dan usaha terus menerus yang dilakukan dengan itikad baik untuk memperoleh kesepahaman antara perusahaan dengan khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai Marketing Public Relations yang diterapkan oleh Chongqing Hotpot untuk menjaga hubungan baik dengan para pelanggan. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, hasil penelitian menunjukkan bahwa Chongqing Hotpot menerapkan Marketing Public Relations yang mencakup strategi push, pull, dan pass dalam menjaga hubungan baik nya dengan para pelanggan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Agung, A. P., & Yuesti, A. (2019). Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV Noah Aletheia.
Ali, D. S. F. (2017). Marketing Public Relations–Diantara Penjualan dan Pencitraan. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Arief, N. N., & Saputra, M. A. A. (2019). Kompetensi baru public relations (PR) pada era artificial intelligence. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 1–12.
Chayadi, S. A., Loisa, R., & Sudarto, S. (2021). Strategi Marketing Public Relations Kopi Kenangan dalam Membangun Brand Awareness. Prologia, 5(1), 175–183.
Dawes, J., Graham, C., Trinh, G., & Sharp, B. (2021). The unbearable lightness of buying. Journal of Marketing Management, 38(7–8), 683–708.
Gumiyati, & Lubis, A. (2020). Strategi Marketing Public Relations Hotel Santika Premiere Bintaro Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Pantarei, 4(03).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Marketing Management (15th Ed). Pearson Educacion.
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Harfa Creative.
Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167–176.
Paramesti, A., & Setyanto, Y. (2022). Strategi Komunikasi PT Indofarma Tbk dalam Membangun Kepercayaan Konsumen di Masa Pandemi. Kiwari, 1(1), 62–68. https://doi.org/10.24912/ki.v1i1.15508
Purwanti, A. (2018). Pull Strategy: a Marketing Strategy Public Relations To Maintain Customer Loyalty. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 6(2), 162–169.
Rahmandani, A. N., & Setiyarini, T. (2022). Strategi Marketing Public Relations (Push, Pull, Pass Strategy) Rumah Sakit Islam Surabaya. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 2(1), 44–49. https://doi.org/10.21107/jkim.v2i1.15511
Sagi, S. S., & Fauzi, R. (2021). Kegiatan Marketing Public Relations dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan Shopee. Jurnal Hubungan Masyarakat, 7, 521–527. https://transpublika.co.id/ojs/index.php/JEKOMBITAL/article/view/546/456
Stewart, D. W. (2018). Marketing Publlic Relations: Managing the Relationship. Routledge.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suryanto, I. (2020). Public Relations: New Normal, New Style. New Style. https://iprahumas.id/detailpost/public-relations-new-normal-new-styleUtomo
Wahid, U., & Puspita, A. E. (2017). Marketing Public Relations menjadi konsep utama dalam kegiatan promosi suatu perusahaan dan juga digunakan pada lembaga pendidikan. Dimana strategi ini digunakan untuk mengatasi atau mempertahnkan reputasi angka kesetabilan siswa tahun ajaran baru.Karena. Jurnal Komunikasi, 9(1), 31.
William, R. A. (2022). Influencer Marketing: The Rise of the New Celebrity. Palgrave.