Pemanfaatan Instagram @stylistmode.id sebagai Media Branding UMKM Stylistmode

Main Article Content

Ratna Dela Khumara
Riris Loisa

Abstract

Social media management is currently a crucial aspect in marketing strategies, especially for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). Along with technological developments and consumer trends, the use of social media by MSMEs can be a key driver in strengthening brand identity and increasing visibility in the market. The purpose of this study is to find out how to manage MSME Instagram social media (@stylistmode.id) in building brand image. The research method used is qualitative descriptive research with data collection methods in the form of interviews and observations. Data validity techniques with member check techniques. The results showed that Brand Temata Agency in social media management is carried out by the social media team through several stages, including: Planning, Management, Implementation and Team Performance Evaluation. Instagram brand image Stylistmode.id based on followers, namely Logo and Visual Design, Values and Mission, Quality of Products or Services, interaction with customers, visual consistency and messaging, and customer experience that can bring word of mouth. With this approach, MSMEs can effectively build a strong brand image on social media platforms, have a positive impact on customer interactions, and increase consumer trust in an increasingly wide market reach


Pengelolaan media sosial saat ini menjadi aspek yang krusial dalam strategi pemasaran, khususnya untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Seiring dengan perkembangan teknologi dan tren konsumen, penggunaan media sosial oleh UMKM dapat menjadi pendorong utama dalam memperkuat identitas merek dan meningkatkan visibilitas di pasar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui cara pengelolaan media social instagram  UMKM (@stylistmode.id) dalam membangun brand image. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Teknik keabsahan data dengan teknik member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Temata Agency dalam pengelolaan social media dilakukan oleh tim social media melalui beberapa tahapan, di antaranya: Perencanaan, Pengelolaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Kinerja Tim. Brand image instagram @stylistmode.id dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti logo dan desain visual, nilai dan misi, kualitas produk atau layanan, interaksi dengan pelanggan, konsistensi visual dan pesan, serta pengalaman pelanggan yang dapat memunculkan word of mouth. Dengan pendekatan ini, UMKM dapat secara ampuh membangun citra merek yang kuat di platformmedia sosial, memberikan dampak positif pada interaksi pelanggan, dan meningkatkan kepercayaan konsumen dalam jangkauan pasar yang semakin luas

Article Details

How to Cite
Khumara, R. D., & Loisa, R. (2024). Pemanfaatan Instagram @stylistmode.id sebagai Media Branding UMKM Stylistmode. Prologia, 8(2), 474–482. https://doi.org/10.24912/pr.v8i2.27678
Section
Articles
Author Biographies

Ratna Dela Khumara, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Riris Loisa, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Anwar, F. (2017). Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni , 1.

Augina, A., Program, M., Ilmu, S., Masyarakat, K., Kedokteran, F., Kesehatan, I., Jambi, U., Letjend, J., No, S., 33, T., & Pura, J. (n.d.). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. In Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat (Vol. 12).

Fathia, & Firlyana. (2023). Media Sosial: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya. Dailysocial.Id.

Khairani, Z., Soviyant, E., & Aznuriyandi. (2018). Efektivitas Promosi Melalui Instagram Pada UMKM Sektor Makanan Dan MinumandDi Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita, 3, 240.

Mananoma, A. P. P. (2021). Tren Media Sosial dalam Kemajuan Dunia Bisnis di Era Digitalisasi. https://kumparan.com/agnesapatricia/tren-media-sosial-dalam-kemajuan-dunia-bisnis-di-era-digitalisasi-1vBbO2PttqV

Nisa, & Destina. (2022). Brand Image: Pengertian, Contoh, dan Indikatornya. Majoo.Id.

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895

Superwiratni, S. (2021). Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Tamu Menginap Di Glamping Trizara Resort. Jurnal Inovasi Penelitian, 2410.

Syahputra, I. (2019). Media Relations Teori, Strategi, Praktik, dan Media Intelijen (1st ed.). PT RajaGrafindo Persada.

Tingkir, C. F. (2014). Pengaruh Identitas Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Toyota. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2). https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.62-69