Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran BEAR-SAMA CAFE pada Media Sosial Instagram

Main Article Content

Ryza Nur Zakiya
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

Business in the Food and Beverage industry in Indonesia is one sector that continues to experience significant growth every year. Therefore, business people must think more critically, more creatively and also more innovatively. One of them is BEAR-SAMA, a cafe business in one of the cities of West Jakarta. BEAR-SAMA is also a cafe that is currently developing, so researchers are interested in knowing the marketing communications planning that is carried out to create a brand image on Instagram social media. This research uses a qualitative approach with a case study method. Key informant research subjects were BEAR-SAMA owners and BEAR-SAMA consumers. Data collection was carried out by observation, interviews and documentation. Data processing was carried out according to Miles and Huberman by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Data validity uses checking data obtained by researchers from data providers to make it more credible and trustworthy. The theory used is symbolic interaction and marketing communications planning. The results of this research show that symbolic interactions consisting of mind, self and society have aspects in BEAR-SAMA marketing communications planning which include business objectives, strategies, tactics, implementation, monitoring and evaluation with the aim of creating a brand image. In addition, planning in BEAR-SAMA marketing utilizes innovative ideas owned by the entire team and owner to achieve business goals.


Bisnis di bidang industri Food and Baverage di Indonesia merupakan salah satu sektor yang terus mengalami kelonjakan secara signifikan setiap tahunnya. Oleh karena itu, para pelaku bisnis harus berpikir lebih kritis, lebih kreatif dan juga lebih inovatif. Salah satunya BEAR-SAMA merupakan bisnis kafe yang ada di salah satu kota Jakarta Barat, BEAR-SAMA juga merupakan kafe yang sedang berkembang sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui perencanaan komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk menciptakan brand image pada media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek penelitian informan key pemilik BEAR-SAMA dan konsumen BEAR-SAMA. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan menurut Miles dan Huberman dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan pengecekan data yang diperoleh peneliti kepada pemberi data untuk membuatnya lebih kredibel dan dipercaya. Teori yang dipakai adalah interkasi simbolik dan perencanaan komunikasi pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi simbolik yang terdiri dari mind, self dan society mempunyai aspek-aspek dalam perencanaan komunikasi pemasaran BEAR-SAMA yang terdapat tujuan bisnis, strategi, taktis, implementasi, monitoring, hingga evaluasi dengan tujuan menciptakan brand image. Selain itu, perencanaan dalam pemasaran BEAR-SAMA memanfaatkan ide-ide inovatif yang dimiliki oleh seluruh tim dan pemilik guna mencapai tujuan bisnis.

Article Details

How to Cite
Zakiya, R. N., & Pribadi, M. A. (2025). Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran BEAR-SAMA CAFE pada Media Sosial Instagram. Prologia, 9(1), 12–20. https://doi.org/10.24912/pr.v9i1.27674
Section
Articles

References

Andreas, T., & Sari, P. W. (2023). Perencanaan Komunikasi Pemasaran Pada Bisnis Kuliner (Studi Kasus Restoran Mosh Indonesia Pangkal Pinang). Kiwari, 2(1), 114–120. https://doi.org/10.24912/ki.v2i1.23064

Febriyanto, F., & Pribadi, M. A. (2021). Perencanaan Komunikasi Pemasaran Starbucks Selama Covid-19: Studi Kasus Interaksi Simbolik Starbucks di Perumahan Citra Enam. Prologia, 5(1), 67. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8120

Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran (1st ed.). https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Firmansyah-4/publication/342644678_Buku_Komunikasi_Pemasaran/links/5efe789b299bf18816fcce6a/Buku-Komunikasi-Pemasaran.pdf

Gautama, E., & Pribadi, M. A. (2022). Peran Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran Digital (Studi Kasus pada Instagram@digitalsuplaiindonesia). 1(1), 4. https://journal.untar.ac.id/index.php/Kiwari/article/view/15899

Muliyati. (2022). Komunikasi Pemasaran (M. Silalahi, Ed.; 1st ed.). http://repo.ppb.ac.id/286/1/E Book Komunikasi Pemasaran Des 2022_compressed.pdf

Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal) (1st ed.).

Nugroho, A. C. (2021). Teori Utama Sosiologi Komunikasi (Fungsionalisme Struktural, Teori Konflik, Interaksi Simbolik). 2, 185–194.

Pratiwi, F. S. (2023). Pengaruh Modal Kerja Terhadap Net Profit Margin pada Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI. 1(1). https://jurnal.polban.ac.id/ijem/article/view/2430

Riyanto, A. D. (2023). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023.

West, & Turner. (2017). Mind, Self, and Society.

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.