Strategi Manajemen Krisis PT. Z dalam Membangun Reputasi Perusahaan di Bidang Otomotif (Studi Kasus Rangka Q)

Main Article Content

Jackson
Sisca Aulia

Abstract

Social media holds significant influence in shaping public opinion. With the freedom to upload and share content, along with features such as sharing and reposting, a crisis can quickly go viral, reaching a massive audience in a short amount of time. This can have an impact on the reputation of a company, which plays a crucial role and can have far-reaching effects on long-term success. One specific area of public relations focused on company reputation is crisis public relations. Crisis public relations refers to a situation, rumor, or information that negatively affects a company's reputation, image, and credibility. This research discusses the analysis of crisis public relations, covering the responses and public relations strategies experienced by PT. Z to maintain the company's reputation, with a focus on the case study of the Q frame in the automotive sector. Using a qualitative approach, this study reveals the crisis communication strategies employed by PT. Z in addressing the challenges faced. The research findings indicate that PT. Z has engaged in crisis public relations activities to safeguard its reputation.


Media sosial memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk opini publik. Dengan adanya kebebasan untuk mengunggah dan membagikan konten, adanya fitur share dan repost, sebuah krisis yang terjadi dapat viral dengan cepat, mencapai audiens yang masif dalam waktu yang singkat. Hal ini bisa berdampak pada reputasi perusahaan, dan memiliki peranan yang penting dan dapat memberikan dampak yang luas pada kesuksesan jangka panjang. Ada satu bidang public relations yang berfokus pada reputasi perusahaan, yaitu crisis public relations. Crisis public relations adalah suatu situasi, rumor, atau informasi yang berdampak negatif terhadap reputasi, citra, dan kredibilitas perusahaan. Penelitian ini membahas analisis crisis public relations yang melingkupi respon serta strategi public relations yang dialami oleh PT. Z dalam upaya untuk mempertahankan reputasi perusahaan, dengan fokus pada studi kasus rangka Q dalam bidang otomotif. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengungkapkan strategi komunikasi krisis yang digunakan oleh PT. Z dalam mengatasi tantangan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan crisis public relations telah dilakukan oleh PT. Z dalam menjaga reputasinya.

Article Details

How to Cite
Jackson, & Aulia, S. (2024). Strategi Manajemen Krisis PT. Z dalam Membangun Reputasi Perusahaan di Bidang Otomotif (Studi Kasus Rangka Q). Prologia, 8(1), 178–183. https://doi.org/10.24912/pr.v8i1.27602
Section
Articles

References

Effendy, O. U. (2018). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.

Fakhrudin, A. (2019). Pengaruh Kewajaran Harga dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Penumpang Maskapai Citilink Indonesia. Manajemen Bisnis, 10(1), 55–73.

Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial. At-Taqaddum, 8(2), 21–47.

Herwin, & Abadi, F. (2019). Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Reputasi Vendor Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Antara. Riset Manajemen Dan Bisnis , 3(3), 353–364.

Ichsan, & Ali, A. (2020). Metode Pengumpulan Data Penelitian Musik Berbasis Observasi Auditif. Musikolastika, 2(2), 85–93.

Nova, F., Nuriman, D. A., & Akbar, M. (2020). Crisis Public Relations (M. Wahyu, I. Alvansyah, & M. Syahmitirafi, Eds.; 1st ed.). Nexus.

Puspitasari, F. A. (2020). Strategi Kementerian Komunikasi dan Informatika Dalam Menangani Komunikasi Krisis Terkait Kasus Covid-19 di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.