Pengaruh Peran PR terhadap Reputasi Perusahaan Operator Selular

Main Article Content

Realina Realina
HH Daniel Tamburian

Abstract

Reputation is something that cannot be seen but can be felt, having a good reputation is the main goal that every company wants to achieve. Therefore, researchers discuss the influence of the role of PR on Telkomsel's corporate reputation. According to Charles J. Fombrun (2016) stated that there are four aspects that create a company's reputation, namely credibility, reliability, trustworthiness, responsibility. (p.48) Whereas the measurement of the role of public relations was adopted from the dimensions proposed by Cutlip (2009, p.45) including communication technicians, expert prescriber, communication facilitators and problem solving facilitators. This research methodology is quantitative by distributing 100 questionnaires to Telkomsel users. From this study, the results of linear regression Y = 6.081 + 0.808 X, and a significance value of 0,000 <0.05. States there is a significant influence between the role of PR on Telkomsel's corporate reputation. It can be concluded that the role of PR has a significant influence on Telkomsel's corporate reputation.

 

Reputasi merupakan sesuatu yang tidak bisa dilihat namun dapat dirasakan, memiliki reputasi yang baik adalah tujuan utama yang ingin dicapai oleh setiap perusahaan. Oleh sebab itu, peneliti membahas tentang pengaruh peran PR terhadap reputasi perusahaan Telkomsel. Menurut Charles J. Fombrun (2016) mengemukakan bahwa ada empat aspek yang menciptakan reputasi perusahaan yakni credibility, reliability, trustworthiness, responsibility. (p.48) Sedangkan pengukuran peran PR diadopsi dari dimensi yang dikemukakan oleh Cutlip (2009, p.45) antara lain expert prescriber, teknisi komunikasi, fasilitator pemecahan masalah dan fasilitator komunikasi. Metodologi penelitian ini adalah kuantitatif dengan menyebarkan 100 kuesioner kepada pengguna Telkomsel. Dari penelitian ini, diperoleh hasil regresi linier Y = 6,081 + 0,808 X, serta nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Menyatakan terdapat pengaruh signifikan antara peran PR terhadap reputasi perusahaan Telkomsel. Maka dapat disimpulkan peran PR memberikan pengaruh yang signifikan terhadap reputasi perusahaan Telkomsel.

 

Article Details

How to Cite
Realina, R., & Tamburian, H. D. (2019). Pengaruh Peran PR terhadap Reputasi Perusahaan Operator Selular. Prologia, 3(2), 448–455. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6386
Section
Articles

References

Cutlip, Scoot M., Allen H. Center, dan Glen M. Broom. (2009). Effective Public Relations. Edisi Kesembilan. Jakarta : Kencana Cetakan ke 3.

Databoks (2018) Operator Seluler Terbesar di Indonesia. 10 September 2019. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/11/19/wajib-registrasi-pelanggan-seluler-indosat-menyusut-34

Fombrun dalam Ardianto, Elvinaro. (2016). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa

Reska K. Nistanto. (2017 April, 28) Begini Kronologi Peretasan Situs Menurut Dirut Telkomsel. 19 November 2019. Kompas https://tekno.kompas.com/read/2017/04/28/18471727/begini.kronologi.peretasan.situs.menurut.dirut.telkomsel)

Siregar, Syofian. (2013) Metode Penelititan Kuantitatif. Jakarta : PT. Fajar Interpratama Mandiri

Sugiyono (2012) Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Susanto, Eko Harry. (2011) Peran PR dalam Pembuatan Citra Merek Mall. Jurnal Komunikasi. Vol 3. No. 2.