Strategi Kampanye 18th Asian Games di Media Sosial (Facebook, Instagram, Twitter, Youtube)

Novia Novia
| Abstract views: 156

Abstract

18th Asian Games merupakan sebuah momen penting dan bersejarah bagi negara-negara Asia, terutama Indonesia yang mendapatkan kesempatan sebagai tuan rumah. Banyak pihak yang tentunya ingin mengetahui perkembangan serta berpartisipasi dalam pesta olahraga tersebut, maka dari itu media sosial merupakan media perantara yang tepat dalam mengampanyekan 18th Asian Games.  Kampanye tersebut dilakukan pada empat jejaring sosial, yaitu Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube. Penulis menemukan perbedaan dari empat media sosial Asian Games dalam segi konten, waktu serta frekuensi, maka dari itu penulis ingin mengetahui strategi apa yang digunakan untuk mengampanyekan Asian Games kepada masyarakat Indonesia, dan Internasional. Teori yang penulis gunakan adalah media baru, media sosial, kampanye, model kampanye Nowak dan Warneryd, kampanye media sosial, isi media dan strategi isi. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, studi pustaka dan penelurusan data online. Wawancara dilakukan dengan Digital Strategist 18th Asian Games, dan dua pakar media sosial. Hasil dari penelitian ini adalah strategi isi yang sudah diterapkan dan dibedakan untuk masing-masing jejaring sosial tidak dapat berlanjut dikarenakan oleh masalah kepentingan, permintaan dan persetujuan pihak atasan, pemerintah serta sponsor.

 

Keywords

kampanye media sosial; strategi, 18th Asian Games

References

Bungin, Burhan. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Depok: Rajagrafindo Pustaka

Bureau, Interactive Advertising. (2008). User Generated Content, Social Media and Advertising. IAB Platform Status Report, 1-5

Chauhan, Kalpana & Anandan Pillai. (2013). Role Of Content Strategy In Social Media Brand Communities; A Case Of Higer Education Institutes In India. Journal of Product & Brand Management, Vol. 22, 40-51

Marta, Rustono Farady dan Denise Monica William. (2016). Studi Terpaan Melalui Posting Instagram Terhadap Ekuitas Merek Pelanggan Sumoboo! Jurnal Komunikasi Vol 8, No 1, 68-82

Copyright (c) 2018 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.