Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) Brand Wuling Motor Indonesia Dalam Meningkatkan Brand Awareness

Michael Michael, Gregorius Genep Sukendro
| Abstract views: 935

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi pemasaran brand Wuling motor Indonesia dalam meningkatkan Brand Awareness, dimana brand asal China ini berhasil mendapat kepercayaan masyarakat Indonesia sehingga dapat bersaing di pasaran otomotif Indonesia. Wuling yang baru saja memasuki pasar Indonesia pada tahun 2017 sudah dapat bersaing dengan beberapa Brand asal Jepang seperti Honda, Toyota, Mazda, Nissan, Mitsubishi dan Daihatsu yang sudah menguasai pasar otomotif roda empat di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Wuling motor Indonesia mendapatkan kepercayaan para konsumen bahwa Brand asal China ini memiliki kualitas yang baik dan dapat bersaing dengan para kompetitornya.  Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, penelitian yang memperlihatkan suatu keadaan, kejadian, gejala atau fakta-fakta secara akurat. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik berupa wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian, melalui ajakan kepada beberapa reviewer mobil dan komunitas Wuling untuk touring adalah salah satu cara dalam meningkatkan Brand Awareness ke masyarakat Indonesia. Cara tersebut digunakan dengan tujuan agar banyaknya informasi mengenai brand Wuling yang bisa didapatkan dari hasil review video yang diunggah oleh para reviewer mobil di channel Youtube milik mereka. Serta melalui promosi berupa pameran dan iklan di media cetak dan media elektornik juga merupakan cara dalam meningkatkan Brand Awareness Wuling motor Indonesia.

Keywords

Brand; Wuling; Meningkatkan Brand Awareness; Otomotif

References

Abidin, Yusuf Zainal. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusniaji, Suherman. (2016). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM KEGIATAN PEMASARAN PRODUK CONSUMER GOODS (Studi kasus Pada PT Expand Berlian Mulia di Semarang). Jurnal Komunikasi.

Sukendro, Greg Genep. (2016). Komunikasi Industri dan Komunitas. Jakarta: Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara.

Suryanto. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Umar, Husein. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Zed, Mestika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Copyright (c) 2018 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.