Proses Kreatif dalam Pembuatan Iklan Uber “The Fighter”

Main Article Content

Edy Gustino Hendra
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hadirnya iklan UBER “THE FIGHTER”yang menggunakan konsep menarik dibandingkan dengan iklan-iklan lain. Iklan ini menggunakan metode emosional yang saat ini jarang ditemukan di dunia iklan. Iklan UBER ini menggunakan konsep yang sangat dekat dengan masyarakat, yaitu hubungan keluarga. Mengenai hubungan antara seorang ayah dengan sang putri yang mengalami banyak masalah seiring berjalan waktu setelah sang ibu meninggal. Mulai dari sang ayah yang menjadi keras kepada putrinya dan juga sang putri yang melawan ayahnya. Di iklan ini UBER berperan menjadi salah satu sarana yang membantu dalam memperbaiki hubungan antara sang ayah dengan putrinya untuk menjadi lebih baik. Penelitian ini menjelaskan mengenai proses apa saja yang dilewati dalam pembuatan iklan ini, mulai dari briefdengan klien, brainstorming mengenai konsep, sampai dengan proses pemilihan talent dari PH yang ditunjuk.

Article Details

How to Cite
Hendra, E. G., & Sukendro, G. G. (2018). Proses Kreatif dalam Pembuatan Iklan Uber “The Fighter”. Prologia, 2(1), 52–55. https://doi.org/10.24912/pr.v2i1.2404
Section
Articles
Author Biographies

Edy Gustino Hendra, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ardianto, E. (2014). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif . Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2012). Advertising and Promotion . San Diego: Mc Graw Hill Education.

Fernandez, G. M., & Cempaka, D. (2014, Agustus 29). PERAN TALENT ANAK DALAM TELEVISION COMMERCIAL (Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Perspektif Perancang Iklan Dalam Pemilihan Talent Anak Untuk Television Commercial Pada Iklan TRI Indie+ dan Iklan Lifebuoy 5 Tahun untuk NTT). Jurnal Ilmu Komunikasi.

Hikmat, M. M. (2014). Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jaiz, M. (2014). Dasar-Dasar Periklanan . Yogyakarta: Graha Ilmu

Kriyantono, R. (2014). Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Lee, M., & Johnson, C. (2007). Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Jakarta: Kencana.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009). Encyclopedia of Communication Theory. California: Sage.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung.

Ruben, B. D., & Stewart, L. P. (2013). Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Semenik, R. J., Allen, C. T., O'Guinn, T. C., & Kaufmann, H. R. (2012). Advertising and Promotions An Integrated Brand Approach. South Western.

Shimp, T. A., & Andrews, J. C. (2013). Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communications. USA: South Western.

Sukendro, Greg Genep. (2016). Komunikasi INdustri dan Komunitas. Jakarta: Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara.

Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia .