Komunikasi Bisnis dalam Menciptakan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus PT. Bukit Merapin Nusantara Lines)

Main Article Content

Reynaldo Franslie
Wulan Purnama Sari

Abstract

PT. Bukit Merapin Nusantara Lines is a transportation company engaged in shipping roro ships with loads and passengers aiming from Jakarta to Bangka Belitung. PT. Bukit Merapin Nusantara Lines already has loyal customers who are often called faraway expeditions. This research was conducted to determine the analysis of business communication in building customer loyalty at PT. Bukit Merapin Nusantara Lines. This research uses a qualitative approach with a case study method. This research case study was carried out on customers of PT. Bukit Merapin Nusantara Lines. The subject of this research is PT. Bukit Merapin Nusantara Lines, and the object of this research is business communication and customer loyalty. Collecting data in this study is using interview techniques. The results of the research show that PT. Bukit Merapin Nusantara Lines already has loyal customers with simple business communication, only providing info on ship schedules for PT. Bukit Merapin Nusantara Lines. due to the services offered, namely sea transportation which has minimal risk compared to land transportation which is fraught with the risk of accidents on the road and PT. Bukit Merapin Nusantara Lines has no competitors, so customers have no choice.


Bukit Merapin Nusantara Lines sebagai perusahaan transportasi yang bergerak dibidang pelayaran kapal roro bermuatan dan penumpang yang bertujuan dari Jakarta ke Bangka Belitung. PT. Bukit Merapin Nusantara Lines telah memiliki pelanggan setia yang sering disebut Ekspedisi Bangka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis komunikasi bisnis dalam membangun loyalitas pelanggan di PT. Bukit Merapin Nusantara Lines. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Studi kasus penelitian ini dilaksanakan pada pelanggan PT. Bukit Merapin Nusantara Lines. Adapun subjek dari penelitian ini adalah PT. Bukit Merapin Nusantara Lines, dan objek dari penelitian ini adalah komunikasi bisnis dan loyalitas pelanggan. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Bukit Merapin Nusantara Lines sudah memiliki pelanggan yang setia dengan komunikasi bisnis yang simple hanya memberikan info jadwal kapal PT. Bukit Merapin Nusantara Lines. Dikarenakan jasa yang ditawarkan yaitu transportasi laut yang minim akan resiko dibandingkan transportasi darat yang penuh dengan resiko kecelakaan di jalan dan PT. Bukit Merapin Nusantara Lines tidak memiliki kompetitor sehingga pelanggan tidak punya pilihan.

Article Details

How to Cite
Franslie, R., & Sari, W. P. (2024). Komunikasi Bisnis dalam Menciptakan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus PT. Bukit Merapin Nusantara Lines). Prologia, 8(1), 34–41. https://doi.org/10.24912/pr.v8i1.21602
Section
Articles

References

Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020). Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bertahan pada kondisi pandemik covid 19 di Indonesia. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV). 6(2), 139–146. https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/434

Bunjamin, A. (2015). Masih Jaman Bisnis Konvensional.

Cahaya, P., Iain, A., & Fatah, R. (2016). Masalah Keagenan Pada Struktur Kepemilikan Perusahaan Keluarga Di Indonesia. Jurnal Ilmu Akuntansi, 9(2). https://doi.org/10.15408/akt.v9i2.4021

Dani, B., Razati, G., & Dewi, P. (2018). Gambaran Komunikasi Pemasaran dan Lolalitas Pelanggan pada Komunitas My XL Forum. Journal of Business Management Education, 3(1), 129–137. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jbme.v3i1.14174

Febriana, B., & Setyanto, Y. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Broker dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan. Jurnal Prologia, 3(1), 39–45. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6138

Hermanto. (2019). Faktor Pelayanan, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Vol. 3). http://repository.upm.ac.id/2502/7/Buku%20Penelitian%20PDP.pdf

Madengke, A. N., Sumamppouw, H. J., & Punuindoong, A. Y. (2017). Pengaruh komunikasi pemasaran terhadap citra perusahaan jasa penyewaan alat berat pada pt. Buana oto mandiri Oleh. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS UNSRAT, 5(006), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.35797/jab.v0.i0.%25p

Mutmainah, & R. (2021). Penerapan Komunikasi Bisnis Kelompok Tani Garam Biring Parang Jaya Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto.

Raco. (2018). Metode Penelitain Kualitatif :Jenis, Karakteristik, dan Keunggulan. (2018). https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Setyanto, Y., & Jessica Octaviani. (2019). Kegiatan Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Loyalitas Konsumen di Cv. Cipta Wahana Kreasi. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=MImHxoYAAAAJ&cstart=20&pagesize=80&citation_for_view=MImHxoYAAAAJ:BqipwSGYUEgC

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendeketan kuantitatif, kualitatif dan R&D. https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43