Pemanfaatan Media Digital sebagai Sarana Pemasaran Perusahaan Properti

Main Article Content

Thalia Frederica
Roswita Oktavianti

Abstract

Technological advances that are so rapid bring various benefits to humans, both in individual and corporate activities. One of the companies taking advantage of this technological advancement is the property company Samanea Hill. The digital marketing strategy compiled by the Samanea Hill sales marketing team is carried out through Instagram and WhatsApp social media facilities. This research was conducted to find out how the digital marketing communication strategy by the Samanea Hill sales marketing team influences consumer decisions. The paradigm used in this study is interpretive non-positivism. The research approach used in this study is a qualitative case study method. Data was obtained using observation, documentation and interviews with members of the sales marketing team and Sales Manager of Samanea Hill to obtain factual data. The results of the study show that the digital marketing communication strategy carried out includes several stages from planning, implementation to evaluation. Digital media is also utilized by using the Instagram Ads feature, WhatsApp Story, and instant messaging with consumers via WhatsApp. Efforts to share information were also carried out by the Samanea Hill sales marketing team through digital media.


Kemajuan teknologi yang begitu pesat membawa berbagai manfaat bagi manusia, baik dalam aktivitas perorangan maupun perusahaan. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan kemajuan teknologi ini adalah perusahaan properti Samanea Hill. Strategi pemasaran digital yang disusun oleh tim sales marketing Samanea Hill dilakukan melalui sarana media sosial Instagram dan WhatsApp. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran digital oleh tim sales marketing Samanea Hill dalam memengaruhi keputusan konsumen. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-positivisme interpretif. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan anggota tim sales marketing dan Sales Manager Samanea Hill untuk mendapat data yang faktual. Hasil penelitian menunjukkan, strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan meliputi beberapa tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi.  Media digital juga dimanfaatkan dengan menggunakan fitur Instagram Ads, Story WhatsApp, dan pesan instan dengan konsumen melalui WhatsApp. Upaya membagikan informasi juga dilakukan oleh tim sales marketing Samanea Hill melalui media digital.

Article Details

How to Cite
Frederica, T., & Oktavianti, R. (2023). Pemanfaatan Media Digital sebagai Sarana Pemasaran Perusahaan Properti. Prologia, 7(2), 379–389. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21419
Section
Articles
Author Biographies

Thalia Frederica, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Roswita Oktavianti, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Amanah, D., & Harahap, D. A. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Perusahaan terhadap Kesadaran Merek Pelanggan. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 11(3), 207. https://doi.org/10.20473/jmtt.v11i3.9789

Annur, C. M. (2022). WhatsApp , Aplikasi Pesan Instan Paling Banyak Digunakan di Dunia (A. Mutia (ed.)). Databoks.

Atmadja, A. T. (2013). Pergulatan Metodologi dan Penelitian Kualitatif dalam Ranah Ilmu Akuntansi. Akuntansi Profesi, 3(2), 122–141.

Daud, D. (2013). Promosi Dan Kulitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(4), 51–59.

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.

Hayati, R. (2022). Pengertian Subjek Penelitian dan 3 Contohnya. Penelitianilmiah.Com. https://penelitianilmiah.com/subjek-penelitian/

Karim, R. (2021). Pengertian Subjek Penelitian: Perbedaan dengan Objek dan Contoh. Deepublishstore.Com. https://deepublishstore.com/pengertian-subjek-penelitian/

Kurnianti, A. W. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Sebagai Penggerak Desa Wisata Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 180–190. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.24

Makarima, M. M. (2019). Pemanfaatan aplikasi daring media sosial WhatsApp sebagai media pembelajaran bahasa arab berbasis ICT (Information and communication technologies). Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam (Al-Tsiqoh), 05(02), 135–142.

Manab, A. (2015). Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif (K. Aibak (ed.)). Kalimedia. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/10156/1/Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif.pdf

Maysari, S. (2021). Manfaat Digital Marketing untuk Usaha & Bisnis Anda. Akudigital. https://www.akudigital.com/bisnis-tips/manfaat-digital-marketing-untuk-usaha-bisnis-anda/

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Nasrullah, M. (2015). Islamic Branding, Religiusitas Dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam, 13(79), 79–87. https://doi.org/10.28918/jhi.v13i2.487

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3594/3325

Nuraini, H., Dauri, D., Haikal A., T., & Andreas, R. (2020). Paradigma Interpretif Konsep Penyalahgunaan Keadaan (Misbruik Van Omstandigheden) Pada Perjanjian Kredit Perbankan. Refleksi Hukum: Jurnal Ilmu Hukum, 4(2), 259–280. https://doi.org/10.24246/jrh.2020.v4.i2.p259-280

Oxtavianus, A., & Margono, H. (2015). Triangulasi dalam Evaluasi Pascadiklat: Aplikasi pada Evaluasi Pascadiklat Fungsional Statistisi. Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Nasional Ke-2 Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI) Provinsi Banten, 16–23. https://juliwi.com/published/E0205/PITIWI2-3.pdf

Prasetijo, R., & Ihalauw, J. J. O. . (2005). Perilaku Konsumen.

Putri, A. V., & Ali, D. S. F. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Coffee Shop Kopi Tuli. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 95–108. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1438

Rachmadi, T. (2020). The Power of Digital Marketing (Vol. 1). TIGA Ebook. https://books.google.co.id/books?id=RCzyDwAAQBAJ

Rahardjo, M. (2018). Paradigma Interpretif. Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 4(1), 1032–1047.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

Rizaty, M. A. (2022). Pengguna Instagram di Indonesia Bertambah 3,9 Juta pada Kuartal IV-2021 (A. Mutia (ed.)). Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/10/pengguna-instagram-di-indonesia-bertambah-39-juta-pada-kuartal-iv-2021

Rubawati, E. (2018). Media Baru: Tantangan dan Peluang Dakwab. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(1), 126–142. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i1.510

Siallagan, A. R. H. (2019). Studi Kepustakaan Mengenai Blended Learning Sebagai Inovasi Model Pembelajaran Di Era 21. Teknologi Pendidikan, 1, 202.

Sitinjak, L., & Kadu, A. U. (2016). Faktor Internal dan Eksternal Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mahasiswa Semester IV Akper Husada Karya Jaya Tahun Akademik 2015/2016. Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya, 2(2), 23–27.

Suandito, B. (2017). Bukti Informal Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1160

Surayya, R. (2018). Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian Kesehatan. AVERROUS: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh, 1(2), 75. https://doi.org/10.29103/averrous.v1i2.415

Surya, F., & Sukendro, G. G. (2019). Komunikasi Pemasaran The Watch Co dalam Meningkatkan Brand Awareness di Sosial Media. Prologia, 2(2), 334. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3597

Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33. https://doi.org/10.30603/md.v5i1.2581

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis strategi UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.