Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Instagram @maksimalindiri

Main Article Content

Velissa Aprila
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

This study aims to review the marketing communication strategy implemented by @Maksimalindiri on Instagram and how it reforms marketing communication methods in building brand image, driving sales and expanding the company's target market. In addition, this study highlights the importance of managing marketing messages and promotions on social media and how it can substantially influence consumer behavior. The methodology used in this research is qualitative research with a case study approach. The subject of this research is Bang Joel from @Maksimalindiri who is a content creator on social media. The research object examined in this thesis is in the form of marketing communication planning strategies and marketing communication planning tactics used by @Maksimalindiri and how evaluations are carried out on a program made by @Maksimalindiri on Instagram. The findings of this study are that the marketing communication strategy has four important aspects, namely determining communication goals, determining target audiences, finding the best position for the brand and choosing media to carry out marketing communications. The background of the content creator is not a definite reason that can be seen by the audience to build trust. The experience and way of communicating that content creators have is also an important factor in audience purchasing decisions. In addition, market research is also needed to find out the problems that occur in the target audience.


Penelitian ini bertujuan mengulas strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh @Maksimalindiri di Instagram dan bagaimana hal itu mereformasi cara komunikasi pemasaran dalam membangun citra merek, mendorong penjualan dan memperluas pasar yang menjadi sasaran perusahaan. Selain itu, penelitian ini menyoroti pentingnya pengelolaan pesan dan promosi pemasaran pada media sosial dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi perilaku konsumen secara substansial. Metodologi yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah Bang Joel dari @Maksimalindiri yang merupakan seorang content creator di media sosial. Objek penelitian yang diteliti pada skripsi ini adalah berupa strategi perencanaan komunikasi pemasaran dan taktik perencanaan komunikasi pemasaran yang digunakan oleh @Maksimalindiri serta bagaimana evaluasi yang dilakukan terhadap suatu program yang dibuat oleh @Maksimalindiri di Instagram. Temua penelitian ini adalah, strategi komunikasi pemasaran memiliki empat aspek penting yaitu menentukan tujuan komunikasi, menentukan target audiens, mencari posisi terbaik untuk merek tersebut dan memilih media untuk menjalankan komunikasi pemasaran. Latar belakang yang dimiliki oleh content creator tidak menjadi alasan pasti yang dapat dilihat audiens untuk membangun kepercayaan (trust). Pengalaman dan cara berkomunikasi yang dimiliki oleh content creator juga menjadi faktor penting dalam keputusan pembelian audiens. Selain itu, riset pasar juga diperlukan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada target audiens.

Article Details

How to Cite
Aprila, V., & Pribadi, M. A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Instagram @maksimalindiri. Prologia, 7(2), 304–311. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21382
Section
Articles
Author Biographies

Velissa Aprila, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Muhammad Adi Pribadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

APJII. (n.d.). Laporan Survei Profil Internet Indonesia 2022. Apjii.or.id. https://apjii.or.id/content/read/39/559/Laporan-Survei-Profil-Internet-Indonesia-2022

Creswell, J. W. (2014). Research design : Qualitative, Quantitative and Mix Methods Approaches. (4th ed.). Sage Publication.

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Percy, L., & Rosenbaum-Elliot, R. (2012). Strategic Advertising Management. (Fourth Edition). Oxford University Press.

Yin, R. K. (2013). Studi Kasus: Desain dan Metode. (1st ed.). Rajawali Pers.