Daya Tarik Komunikasi Persuasif Leaders dalam Proses Pembinaan Tenaga Pemasar Pada Hope Agency Prudential

Main Article Content

Viviana Viviana
Riris Loisa

Abstract

Persuasive communication is communication that is widely used in the field of work, especially in the insurance business. In the world of insurance, persuasive communication is very much used by a leader who is used to be able to guide a marketer to succeed in becoming a professional marketer. The pillars contained in persuasive communication are factors that can persuade marketers such as ethos, pathos, logos. Apart from that, there is also a persuasive communication process which consists of understanding the message, encoding, decoding, and evaluating as well as persuasive communication techniques which will be explained in this study of PT. Prudential Life Assurance with Hope Agency branch. The research approach was carried out with descriptive qualitative using the case study method. The results of the study show that persuasive communication can be established from meetings held in discussions. In addition, the credibility of a leader can be seen from adjusting the way he dresses, the skills of the leader as a motivator, and mastery of the material to become the main attraction of a leader's persuasive communication.


Komunikasi persuasif merupakan komunikasi yang banyak dipergunakan di bidang pekerjaan terutama pada bisnis asuransi. Dalam dunia asuransi, komunikasi persuasif sangat dipergunakan oleh seorang pemimpin yang digunakan untuk dapat membina seorang tenaga pemasar agar berhasil menjadi seorang tenaga pemasar yang profesional. Pilar-pilar yang terdapat di dalam komunikasi persuasif menjadi faktor yang dapat mempersuasi tenaga pemasar seperti ethos,pathos,logos. Selain itu, terdapat juga proses komunikasi persuasif yang terdiri dari memahami pesan, encoding, decoding, dan evaluasi serta teknik komunikasi persuasif yang akan dijelaskan dalam penelitian ini terhadap PT. Prudential Life Assurance dengan cabang Hope Agency. Pendekatan penelitian dilakukan dengan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi persuasif dapat terjalin dari pertemuan yang dilakukan dalam berdiskusi. Selain itu kredibilitas pemimpin dapat dilihat dari penyesuaian cara berpakaian, keterampilan pemimpin sebagai motivator, serta penguasaan materi menjadi daya tarik komunikasi persuasif seorang leader.

Article Details

How to Cite
Viviana, V., & Loisa, R. (2023). Daya Tarik Komunikasi Persuasif Leaders dalam Proses Pembinaan Tenaga Pemasar Pada Hope Agency Prudential. Prologia, 7(2), 456–465. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21362
Section
Articles
Author Biographies

Viviana Viviana, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Riris Loisa, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Dion, C., & Oktavianti, R. (2019). Komunikasi Persuasif Public Speaker Pada Audiens Berbeda Negara (Studi Fenomenologi Master Of Ceremony Pada Audiens China dan Amerika). Koneksi, 2(2), 246-252. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3892

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33-54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Kristianti, P., & Loisa, R. (2021). Analisis Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan dalam Komunitas Wadah Pemimpin. Koneksi, 5(1), 106-112. https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10187

Krobo, A. (2021). Kesulitan Berbicara dan Membaca pada Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus Pada Kelompok B6 di TK. YPPK Bintang Kecil Abepura Tahun Ajaran 2019-2020). Pernik: Jurnal PAUD, 4(2), 61-69. https://doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5448

Mirawati, I. (2021). Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif pada Penelitian E-Commerce di Era Digital. Medium, 9(1), 59-80. https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(1).7443

Palindri, L. (2020). Penerapan Prinsip Akuntabilitas Dan Transparansi Dalam Mengelola Keuangan Desa (Studi Kasus: Desa Suka Damai Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin). (Tesis Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta). http://repository.stei.ac.id/id/eprint/1270

Pawitri, R. N. (2017). Kedudukan Dan Perlindungan Hukum Pemegang Polis Pada Perusahaan Asuransi Yang Pailit Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian. Wacana Hukum, 23(1), 40-49. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Wacana/article/view/2027/1802

Rahmawati, D. S., & Nurjanah. (2016). Komunikasi Persuasif Leader dalam Merekrut Calon Agen Asuransi pada PT. Prudental Life Assurance Cabang Pekanbaru. JOM FISIP, 3(2), 1-15. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/11062/10713