Strategi Kreatif Promosi Film Danur

Rexsa Aprilia, Gregorius Genep Sukendro
| Abstract views: 480

Abstract

Industri perfilman Indonesia saat ini semakin maju dengan menyajikan film berbagai macam aliran dengan jalan cerita yang lebih baik. Salah satunya adalah aliran horor. Kesuksesan sebuah film tidak terlepas dari strategi iklan yang dilakukan untuk memperkenalkan film tersebut kepada masyarakat. Selain itu, peran media massa dalam menampilkan atau memberikan pesan untuk masyarakat juga tidak kalah pentingnya. Begitu juga pada proses media massa memberitakan mengenai strategi iklan yang dilakukan pada promosi film ‘Danur’ tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kreatif yang dilakukan pada promosi film ‘Danur’. Dasar teoritik yang digunakan pada penelitian mencakup teori strategi iklan, promosi, film, ambient media, dan kreativitas iklan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus deskriptif. Kesimpulannya, strategi iklan yang dilakukan pada film ‘Danur’ tersebut menggunakan cara-cara yang terbilang unik dan kreatif, sehingga dari cara promosi film tersebut menimbulkan berbagai persepsi masyarakat.

Keywords

strategi iklan, kreatif, promosi

References

Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Morissan. (2010). Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyana, Deddy. (2017). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Romli, Khomsahrial. (2017). Komunikasi Massa. Jakarta: Grasindo.

Subagijo, A., & Sriwatini, Y. (2015). Ketika Film Layar Lebar Hadir di Televisi. Jakarta: Grasindo.

Tubbs, S. L., dan Moss S. (2008). Human Communication: Prinsip-Prinsip Dasar. (D. Mulyana). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. (Karya asli diterbitkan 1994).

Wijaya, Bambang Sukma. (2011). Iklan Ambient Media: Konsep, Strategi Pesan dan Implementasi. Jakarta: UB Press.

Kusniadji, Suherman. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang). Jurnal Komunikasi, 08, 1. 1-2.

Elmira, P. (2017, Maret 27). Sederet Fakta di Balik Film Horor Prilly Latuconsina, Danur. Retrieved November 06, 2017, from Bintang Online: http://www.bintang.com/celeb/read/2900745/sederet-fakta-di-balik-film-horor-prilly-latuconsina-danur

Muslimin, N. (2017, Juli 17). Kiat-kiat Mempromosikan Film. Retrieved November 12, 2017, from Kompasiana Online: https://www.kompasiana.com/nurulmuslimin/promosi-film_596bc2ecd45a2e57303cfbe2

Copyright (c) 2018 Prologia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.