Peran Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran Pada Brand Recognition Gracias Label

Main Article Content

Sella Friska
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

Technology that is growing consciously and unconsciously is one of the impacts of the times that are happening. One of them with the emergence of the internet. Apart from being one of the popular social media, Instagram social media can be a platform for conducting business activities. And what is happening now is that Korean culture is entering so that a Korean-style trend appears, one of which is in the fashion sector. Therefore, the formulation of the research problem is how is the role of symbolic interaction in marketing communication planning carried out by Gracias Label in creating brand recognition on Instagram? This study uses the theory of symbolic interaction, marketing communication planning, and brand recognition. The research approach used by the author is a qualitative research with an exploratory case study method using the Yin technique. Data collection used in-depth interview techniques, documentation, and participant observation. In validating the data using confirmation techniques. This study aims to determine the role of symbolic interaction in marketing communication planning carried out by Gracias Label in creating brand recognition on Instagram. There are six stages in marketing communication planning at Gracias Label that have been carried out and then the role of symbolic interaction in marketing communication planning has succeeded in creating brand recognition.


Teknologi yang semakin berkembang secara sadar dan tidak sadar merupakan salah satu dampak dari perkembangan zaman yang terjadi. Salah satunya dengan munculnya internet. Selain merupakan salah satu media sosial yang populer, media sosial Instagram dapat menjadi platform untuk melakukan kegiatan bisnis. Dan yang sedang terjadi saat ini budaya Korea masuk sehingga muncul trend ala Korea salah satunya dalam bidang fashion. Oleh sebab itu, rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran interaksi simbolik dalam perencanaan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Gracias Label dalam menciptakan Brand Recognition di Instagram? Penelitian ini menggunakan teori Interaksi Simbolik, teori Perencanaan Komunikasi Pemasaran, dan Brand Recognition. Pendekatan penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus eksploratoris dengan teknik Yin. Pengumpulan data yang digunakan dengan teknik wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi partisipan. Dalam menvalidasi data menggunakan teknik konfirmasi ulang. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui peran interaksi simbolik dalam perencanaan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Gracias Label dalam menciptakan Brand Recognition di Instagram. Terdapat enam tahap dalam perencanaan komunikasi pemasaran di Gracias Label yang telah dilakukan dan kemudian peran dari interaksi simbolik dalam perencanaan komunikasi pemasaran berhasil menciptakan Brand Recognition.

Article Details

How to Cite
Friska, S., & Pribadi, M. A. (2023). Peran Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran Pada Brand Recognition Gracias Label. Prologia, 7(1), 101–109. https://doi.org/10.24912/pr.v7i1.15878
Section
Articles
Author Biographies

Sella Friska, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Muhammad Adi Pribadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Juliana, Selly, & Sihombing, Sabrina. O. (2019). Pengaruh Penempatan Produk Dan Kesadaran Merek Terhadap Niat Membeli. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 12(1), 19. https://doi.org/10.25105/jmpj.v12i1.3702

Saleh, Gunawan, & Pitriani, Ribka. (2018). Pengaruh Media Sosial Instagram dan WhatsApp Terhadap Pembentukan Budaya “Alone Together.” Jurnal Komunikasi, 10(2), 103–114. https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.2673

Siena, Catherina., & Pribadi, Muhammad A. (2020). Interaksi Simbolik Dalam Sales Promotion Menciptakan Brand Loyalty (Studi Kasus Pengguna Kartu Starbucks Di Jakarta). Prologia, 4(1), 201. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6476

Sisyadi, Bella, & Pribadi, Muhammad Adi. (2020). Interaksi Simbolik sebagai Pembentukan Perencanaan Komunikasi Pemasaran (Studi Etnografi pada PT. Inti Ozzigeno Nara Solusi). Prologia, 4(1), 59–66. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6433

Tandriawan, Novi, & Pribadi, Muhammad Adi. (2021). Peran Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran di Masa Pandemi (Studi Kasus Kedai Minuman Longtang). Prologia, 5(2), 323–328. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10202

West, Richard, & Turner, L. H. (2014). Pengantar teori komunikasi: analisis dan aplikasi edisi 3 (3rd ed., Vol. 1). Jakarta, Indonesia: Salemba Humanika.

Yin, Robert K. (2021). Studi Kasus: Desain dan Metode (1st ed.). Depok, Indonesia: Rajawali Pers.