Pengaruh Pesan Kampanye Body Positivity terhadap Brand Image Fashion Instagram Kurve.official

Main Article Content

Vivi Arviany
Ahmad Junaidi

Abstract

This research is about the effect of the body positivity campaign message on the Kurve.official Instagram fashion brand image. the existence of social media causes the spread of values ​​that can affect the perspective on standardization of perfect bodies. There is a new expression in a positive way for overcoming the issue of body shaming, namely the body positivity campaign. Kurve.official is a clothing company that was founded in 2019. With a vision to inspire all women to always be themselves, love themselves, and not pay too much attention to their shortcomings. The purpose of this research is to test and analyze the effect of body positivity campaign messages conducted by Kurve.official on brand image. This study uses brand image theory, campaigns, body image, and Instagram social media. This research was conducted with a quantitative research approach and survey research methods. The data collection of this research was done by using a questionnaire or questionnaire.


Penelitian ini mengenai pengaruh pesan kampanye body positivity terhadap brand image fashion Instagram Kurve.official. Adanya media sosial menyebabkan penyebaran nilai yang bisa mempengaruhi perspektif terhadap standarisasi tubuh yang sempurna. Terbitlah ekspresi baru dalam hal yang positif untuk penanggulangan isu body shaming yaitu kampanye body positivity. Kurve.official adalah perusahaan pakaian yang didirikan pada tahun 2019. Visiperusahaan yakni menginspirasi seluruh perempuan untuk selalu menjadi diri sendiri, mencintai diri, dan tidak terlalu memperhatikan kekurangan yang mereka miliki. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji dan menganalisa pengaruh pesan kampanye body positivityyang dilakukan Kurve.official terhadap brand image. Penelitian ini menggunakan teori brand image, kampanye, body image, dan media sosial Instagram. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan metode penelitian survei. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner.

Article Details

How to Cite
Arviany, V., & Junaidi, A. (2023). Pengaruh Pesan Kampanye Body Positivity terhadap Brand Image Fashion Instagram Kurve.official. Prologia, 7(1), 14–21. https://doi.org/10.24912/pr.v7i1.15660
Section
Articles
Author Biographies

Vivi Arviany, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Ahmad Junaidi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Aulia, S., & Gurmilang, A. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Loyalitas Konsumen Go-Jek.

Chambers, D., Thiekotter, A., & Chambers, L. (2013). Preparing student nurses for contemporary practice: The case for discovery learning. Journal of Nursing Education and Practice, 3, 106–113.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, kualitatif & mixed methode. Jakarta Selatan: Hidayatul Quran Kuningan.

F, C. T., & T, P. (2002). Body Image: A Hanbook of Theory, Research and Clinical. New York: Guilford Publications

Fidianti, Fitri & Mahadian, Adi Bayu. (2021). Analisis Semiotika Barthes Tentang Makna dalam Postingan Foto Body Positivity Media Sosial Tara Basro. e- Proceeding of Management. Vol 8 No. 2Ghozali, Imam, 2001, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Kedua, Universitas Diponegoro, Semarang

Kotler, Philip. (1993). Manajemen Pemasaran (Terjemahan); Analisis, Perencanaan, Implementasi, Dan Pengendalian, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Kotler, Philip. (1997). “Dasar Dasar Pemasaran”, Edisi ketiga, Jiid II, Intermedia, Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong Gary. (1996). Dasar-dasar Pemasaran, jilid I, PT Prenhallindo, Jakarta.

Kurniawan, A. (2021). merdeka.com. Retrieved from merdeka.com: https://www.merdeka.com/jabar/kuesioner-adalah-instrumen-untuk- mengumpulkan-data-ketahui-jenis-dan-kelebihannya-kln.html

Putra, R., & Candraningrum, D. A. (2021). Pengaruh Kampanye Cup of Courage Starbucks terhadap Minat Beli Produk Minuman Pink Voice di Starbucks Stasiun Jakarta Kota. Prologia, 81-87.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku konsumen: Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono. (2005). Metodologi Penelitian Bisnis, CV. Alfabeta, Bandung.

Sunaryo. (2002). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC

Thompson, J. (2000). Body Image, Eating Disorder, and Obesity an Integrative Guide for Asesment and Treatment. Washington: American Psychological Association.

Venus, Antar. (2012). Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. .