Pengaruh Citra Merek Hand Sanitizer Antis terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Main Article Content

Travela Frissyla
Moehammad Gafar Yoedtadi

Abstract

The limited space for washing hands is one of the main factors why people rely heavily on hand sanitizers. Hand sanitizers are much sought after because they are easy to use, very practical, and can be carried around. The purpose of the study was to see the influence of the brand image of a hand sanitizer company Antis on purchasing decisions made by Tarumanagara University students, precisely at the Faculty of Communication Science. This study uses brand image theory (variable X) and purchase decision theory (variable Y). In this study, a quantitative research methodology was used in which data was collected using questionnaires to 91 respondents. Purposive sampling technique was used for sampling. Respondents of this study were students of the Faculty of Communication, Tarumanagara University. From the research results obtained linear regression with a significance level of 0.001 < 0.05, which states that there is an influence between brand image on purchasing decisions for Antis hand sanitizer products. The conclusion is that there is an impact between brand image on purchasing decisions for Antis hand sanitizers by students of the Faculty of Communication Sciences, Tarumanagara University.


Terbatasnya tempat untuk mencuci tangan menjadi salah satu faktor utama mengapa masyarakat sangat mengandalkan adanya hand sanitizer. Hand sanitizer banyak dicari karena karena sifatnya yang mudah digunakan, sangat praktis, dan bisa dibawa-bawa. Tujuan penelitian adalah melihat adanya pengaruh citra merek yang dimiliki sebuah perusahaan hand sanitizer Antis  terhadap keputusan pembelian yang dilakukan mahasiswa Universitas Tarumanagara tepatnya pada Fakultas Ilmu Komunikasi. Penelitian ini menggunakan teori citra merek (variabel X) dan teori keputusan pembelian (variabel Y). Dalam penelitian ini digunakan metodologi penelitian kuantitatif yang pengumpulan datanya menggunakan kuisioner kepada 91 responden. Teknik purposive sampling digunakan untuk penarikan sampel. Responden  penelitian ini merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara. Dari hasil penelitian diperoleh regresi linear dengan taraf signifikansi 0.001 < 0.05, yang menyatakan adanya pengaruh antara citra merek terhadap keputusan pembelian produk hand sanitizer Antis. Kesimpulan didapatkan bahwa adanya dampak antara citra merek terhadap keputusan pembelian hand sanitizer Antis oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara.

Article Details

How to Cite
Frissyla, T., & Yoedtadi, M. G. (2022). Pengaruh Citra Merek Hand Sanitizer Antis terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara. Prologia, 6(2), 377–383. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.15581
Section
Articles

References

Anggraeni, D., & Erdiansyah, R. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Restoran Indomie Abang Adek. Prologia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition. Harlow: Pearson Education Limited.

Nisfiannoor, M. (2013). Pendekatan Statistika Modern Aplikasi Dengan Software SPSS Dan Eviews. Jakarta: Universitas Trisaksi.

Sugiyono, & Setiyawami. (2014). Metode Penelitian Manajemen : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta.

Top Brand Index Beserta Kategori Lengkap | Top Brand Award. (n.d.). Retrieved February 2, 2022, from https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=antis