Peran Kementerian Pariwisata Dalam Mengkampanyekan Taman Nasional Komodo Melalui Brand Pesona Indonesia
Main Article Content
Abstract
Berwisata merupakan kegiatan yang menjadi minat banyak orang untuk menikmati liburan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Peran Kementerian Pariwisata dalam mengkampanyekan Taman Nasional Komodo melalui Brand Pesona Indonesia. Target Kementerian Pariwisata Indonesia untuk mengajak Wisatawan Nusantara berlibur ke Taman Nasional Komodo sesuai dengan target dari Brand Pesona Indonesia menargetkan kunjungan Wisatawan Nusantara ke Taman Nasional Komodo. Penelitian ini mengulas seputar kegiatan yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dalam mengkampanyekan Taman Nasional Komodo melalui Brand Pesona Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teori kegiatan Kampanye menggunakan Kampanye Public Relations, Media Massa dan Media Sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang didapatkan untuk penelitian ini berasal dari wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah Kementerian Pariwisata melaksanakan peran yang sama dengan public relations dalam mengkampanyekan Taman Nasional Komodo melalui brand Pesona Indonesia dengan menggunakan Media Massa, Media Sosial dan Kampanye Public Relation. Pada saat ini Kementrian Pariwisata lebih memusatkan aktifitas penggunaan Media Sosial dan publikasi melalui travel blogger untuk mengkampanyekan Taman Nasional Komodo untuk memberikan informasi dan mempersuasif para masyarakat Indonesia untuk menjadi wisatawan nusantara yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo.
Article Details
References
Creswell, J. W. (2008). Educational Research Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative & Qualitative Approaches. London: Sage Publications
Keller, K. d. (2012). Markering Management Edisi 14, Global Edition. Pearson: Prentice Hall
Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Kriyantono, R. (2012). Public Relations Writing Teknik Produksi Media Relations dan Publisitas Korporat. Jakarta: Kencana
Miles, M. d. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode- Metode Baru. Jakarta: UI PRESS
Moloeng, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT.Remaha Rosada Karya
Ruslan, R. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations Edisi Revisi.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Wardhani, D. (2008). Media Relation: Sarana Membangun Reproduksi Organisasi.Yogyakarta: Graha Ilmu