Tingkat Terpaan Selektif Mengenai Iklan Omnibus Law di Media Sosial terhadap Pembentukan Opini Publik oleh Partisan Politik

Main Article Content

Tantri Dewi Rachmayanti
Farid Rusdi

Abstract

The plan to ratify the omnibus law in Indonesia is a hot topic of discussion in the community. The large number of pros and cons from various groups has made the omnibus law controversial, until the climax is that there have been massive demonstrations from students to workers demanding that the process of ratifying the omnibus law be canceled because it only benefits entrepreneurs. In the midst of negative views about the omnibus law, there were influencers and artists advertising omnibus law on their Instagram social media, one of which was Gofar Hilman via his @pergijauh Instagram account. departing from the problem, there is a process of selective exposure to the information conveyed by the @pergijauh Instagram account carried out by a political partisan. It can be seen that the aim of the study was to see whether there was an influence between participation on advertising exposure. As the title implies, the approach used is quantitative with the case study method.

Rencana pengesahan omnibus law di Indonesia menjadi pembicaraan yang hangat di masyarakat. Banyaknya tuaian pro serta kontra dari berbagai kalangan yang membuat omnibus law menjadi kontroversial, hingga puncaknya terjadi demo besar-besaran dari kalangan mahasiswa hingga kaum buruh menuntut untuk dibatalkannya proses pengesahan omnibus law karena dianggap hanya menguntungkan pengusaha. Ditengah pandangan negatif mengenai omnibus law, hadir influencer dan artis mengiklankan omnibus law di media sosial instagram mereka, salah satunya Gofar Hilman melalui akun instagram @pergijauh. berangkat dari permasalah, hadir proses terpaan selektif terhadap informasi yang disampaikan oleh akun instagram @pergijauh yang dilakukan oleh seorang partisan politik. Dapat terlihat bahwa tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara partisipanship terhadap terpaan iklan. Sesuai dengan judulnya, pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode studi kasus.

Article Details

How to Cite
Rachmayanti, T. D., & Rusdi, F. (2022). Tingkat Terpaan Selektif Mengenai Iklan Omnibus Law di Media Sosial terhadap Pembentukan Opini Publik oleh Partisan Politik . Prologia, 6(2), 210–215. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.10413
Section
Articles

References

Azya, Zs. (2020). Omnibus Law dan Rencana Penerapannya di Indonesia.

Mothes, Ohme (2019). Media and communication: Partisan selective exposure in times of political and technological. Dresden.

Ngadiman, Andry (2014). Faktor-Faktor Selective Exposure Di Kalangan Remaja Dalam Memenuhi Informasi Politik Di Media Massa Saat Pemelihan Presiden 2014. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Nimmo, Dan. (2011). Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan, dan Media.

Stroud, Natalie Jominie. (2010). Polarization and Partisan Selective Exposure.

Suryadi, Darmawan, Mulyadi. (2019). Metode Penelitian Komunikasi: Dengan Pendekatan Kuantitatif (Edisi Revisi).