Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran Ben Gong’s Tea selama Covid-19

Main Article Content

Jordan Liunardi Sugiarto
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

The purpose of marketing communications is to introduce a product and increase sales. Ben Gong's Tea is a line of business with franchises from abroad. In Indonesia it already has 5 branches. Management of this business is very interesting because in the conditions of the COVID-19 pandemic they are still doing business. In doing business Ben Gong's Tea has a strategy to keep visitors busy. Researchers used a qualitative methodology using the case study method, and this data collection used non-participant observation, in-depth interviews, documentation, and archival records. Research manages data such as data reduction and data presentation. The results showed that there were interactions that had symbols that t strengthened their business, such as regulations and the use of language in daily activities to attract consumers' attention and comfort in purchasing these products.

Tujuan komunikasi pemasaran adalah memperkenalkan sebuah produk dan meningkatkan penjualan. Ben Gong’s Tea adalah suatu bidang usaha dengan franchise dari luar negeri. Di Indonesia ia sudah memiliki 5 cabang. Pengelolaan bisnis ini sangat menarik dikarenakan pada kondisi pandemi COVID-19 mereka masih tetap menjalankan bisnisnya. Dalam melakukan bisnisnya Ben Gong’s Tea memiliki strategi agar konsumen tetap melakukan pembelian. Peneliti menggunakan pendekaan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Sedangkan untuk pengumpulan data digunakan observasi non partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi, rekaman arsip. Penelitian mengelola data seperti reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan adanya simbol-simbol tertentu dalam interaksi dalam Ben Gong’s Tea. Hasil interaksi ini adalah peraturan yang dapat memperkuat bisnis. dan penggunaan bahasa dalam kegiatan sehari-hari untuk menarik perhatian dan kenyamanan konsumen.

Article Details

How to Cite
Sugiarto, J. L., & Pribadi, M. A. (2022). Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran Ben Gong’s Tea selama Covid-19. Prologia, 6(1), 12–16. https://doi.org/10.24912/pr.v6i1.10254
Section
Articles
Author Biographies

Jordan Liunardi Sugiarto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Muhammad Adi Pribadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Pribadi, Muhammad Adi, Suganda, Dadang, Venus , Anter & Susanto, Eko Harry (2018). Dinamika Perusahaan Periklanan Indonesia : Studi Kasus Komunikasi dan Budaya Organisasi Dwi Sapta IMC dan Fortjne Indonesia. Disertasi Universitas Padjajaran. Bandung: Universitas Padjajaran.

Yin, Robert K. 2014. Studi Kasus: Desain & Metode. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.