Komunikasi Interpersonal Antara Relawan Dengan Anak Marginal Dalam Mendorong Minat Belajar di Save Street Child Pondok Ranji, Tangerang Selatan

Stefani Kurniati Setiawan, Widayatmoko Widayatmoko
| Abstract views: 75 | views: 122

Abstract

Save Street Child adalah sebuah organisasi independen yang mempersiapkan anak marginal yang memiliki akses pendidikan yang minim supaya dapat menjadi penerus bangsa yang memadai melalui pendidikan dan teman baik. Save Street Child mempunyai beberapa kelas di berbagai kota. Salah satunya berada di Pondok Ranji, Tangerang Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi interpersonal antara relawan dan anak marginal dalam mendorong minat belajar di Save Street Child Pondok Ranji, Tangerang Selatan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interpersonal antara relawan dengan anak marginal dalam mendorong minat belajar. Teori atau konsep yang digunakan adalah komunikasi interpersonal, efektivitas komunikasi interpersonal, komunikasi dalam proses belajar mengajar, dan minat belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan strategi penelitian studi kasus. Temuan dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal yang digunakan oleh relawan kepada anak marginal telah mendorong minat belajar anak marginal di kelas Save Street Child Pondok Ranji, Tangerang Selatan. Kesimpulan dari penelitian ini ialah dengan menggunakan komunikasi interpersonal, kepribadian anak marginal menjadi terbuka sehingga dari keterbukaan tersebut timbul-lah rasa senang yang dapat mendorong minat belajar anak. Selain itu, terdorongnya minat belajar tersebut juga dikarenakan oleh pelajaran yang diberikan membuat anak marginal tertarik untuk memperhatikan pengajaran di kelas.

Keywords

komunikasi interpersonal; minat belajar; marginal; relawan

Full Text:

PDF

References

Devito, Joseph A. (2010). Komunikasi Antarmanusia (Edisi Kelima). Jakarta: Karisma Publishing.

Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Harapan, E., & H. Syarwani Ahmad. (2014). Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Husna, Fathayatul. (2018). Inovasi Pendidikan Pada Kaum Marginal. Jurnal Sosiologi USK, 12(1). 41

Liliweri, Alo. (2015). Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Kencana.

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Pelajaran Tata Busana Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang. E-Journal Home Economic and Tourism, 2(1).

Stevani, & Widayatmoko. (2017). Kepribadian Dan Komunikasi Susi Pudjiastuti Dalam Membentuk Personal Branding. E-journal Universitas Tarumanagara, 9(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wasti, S. (2013). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata.

Copyright (c) 2019 Koneksi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.