Pola Komunikasi Dalam Upacara Adat Teapai di Lingkup Etnis Tionghoa Jakarta

Main Article Content

Ivan Kristofer
Eko Harry Susanto

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pola komunikasi yang terjadi di dalam upacara adat Teapay di lingkup etnis Tionghoa terutama di Jakarta. Kegiatan di dalam upacara Teapay disampaikan melalui bentuk dan konteks komunikasi yang berbeda. Bentuk dan konteks komunikasi ini menyampaikan kegiatan di dalam upacara teapai yang memiliki banyak makna. Selain itu ada berbagai macam jenis pola komunikasi yang terjadi di antara saudara satu sama lain yang hadir di dalam upacara Teapai. Pola komunikasi yang terjadi di sana juga didukung oleh berbagai macam faktor yang membentuk keberhasilan dari pola komunikasi tersebut. Selain itu ada pula hambatan – hambatan yang ditemui di dalam upacara Teapai yang mempengaruhi upacara tersebut. Hambatan ini berasal dari berbagai macam sumber. Penelitian yang dilakukan oleh penulis menggunakan konsep pola komunikasi, komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, dan komunikasi lintas budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dan dengan metode penelitian studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data dari hasil wawancara dengan narasumber dan data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari buku, jurnal dan data online. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi non-partisipan, studi kepustakaan dan penelusuran data online.

Article Details

How to Cite
Kristofer, I., & Susanto, E. H. (2019). Pola Komunikasi Dalam Upacara Adat Teapai di Lingkup Etnis Tionghoa Jakarta. Koneksi, 2(2), 387–392. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3914
Section
Articles
Author Biographies

Ivan Kristofer, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Eko Harry Susanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Rajagrafindo Persada.

Moleong, J Lexy. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, Eko Harry. (2010). Komunikasi Manusia: Esensi dan Aplikasi dalam Dinamika Sosial Ekonomi Politik. Jakarta: Mitra Wancana Media.

West, Richard, & Turner, Lynn H. (2008). Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>