Penyingkapan Diri Kaum Lesbian Melalui Media Baru Facebook
Main Article Content
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari internet merupakan salah satu perkembangan teknologi yang sangat mempengaruhi proses komunikasi seseorang. Banyaknya media baru membuat individu dalam suatu kelompok minoritas dapat mengubah perilaku komunikasi mereka, salah satunya dalam perilaku penyingkapan diri (Self Disclosure). Sebelum media baru berkembang, kelompok minoritas senantiasa menutup diri dikarenakan keterbatasan ruang. Akan tetapi, dengan adanya media baru yang saat ini terakomodir dalam media sosial Facebook, misalnya, terlihat keefektifan penyingkapan diri di mana mereka senantiasa membagikan perasaan dan juga memberikan pendapat melalui posting-an status, foto, serta memberikan tanggapan mengenai topik pembahasan yang menyinggung perasaan mereka. Penelitian ini menggambarkan penyingkapan diri di kalangan minoritas yaitu Lesbian. Analisis dilandaskan pada konsep komunikasi antar pribadi serta konsep penyingkapan diri. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif melalui metode penelitian studi kasus bagi kalangan lesbian. Temuan yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah penyingkapan diri kaum lesbian tidaklah mudah dikarenakan monoritisasi dalam kalangan masyarakat, akan tetapi terlihat pergeseran terjadi saat kemunculan media baru khususnya Facebook, yang memberikan ruang yang sangat besar bagi kalangan lesbian mengungkapkan setiap gagasan dan perasaan serta keresahaan hati mereka, walaupun pada dasarnya keterbukaan yang mereka lakukan tidak membuat kalangan lesbian ini menunjukan jati dirinya yang sebenarnya.
Article Details
References
Agustina, dkk. (2005). Semua tentang lesbian. Jakarta: Ardhanary Institute
Agustine, S., & Elvi Lina Sutrisno. (2013). Mendengarkan suara lesbian: Kumpulan buah pikir dan aktivis feminis &Pluralis. Jakarta: Ardhanary Institute
Budyatna, M., & Leila Mona G. (2012). Komunikas antarpribadi. Jakarta: Kencana
DeVito, Joseph. (2011). Komunikasi manusia edisi kelima. Tanggerang: Karisma Publishing group
K, Ian Chandra. (2009). Internet untuk kita semua. Jakarta: PT Alex Media Komputindo
Kriyantono, Rachmat. (2010). Riset Komunikasi: disertai contoh praktik riset media, public relation, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta: Kencana
Loisa, Riris & Yugih Setyanto. (2014). Penyingkapan Diri Melalui Internet dikalangan Remaja (Study Komunikasi Antar Pribadi). Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara. 6 (3). 31-43. Retrieved July 04, 2018 from https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/38/20
Mc Quail, Dennis (2011). Teori komunikasi massa. Jakata: Salemba Humanika
Mulyana, Deddy. (2001). Human communication: konteks-konteks komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sadarjoen, Sawitri S. (2005). Bunga rampai kasus gangguan psioseksual. Bandung; Refika Aditama
Susanto, Eko Harry. (2018). Komunikasi manusia: teori dan praktik dalam penyampaian gagasan. Jakarta: Mitra Wacana Media
Yin, Robert K. (2013). Studi Kasus: Desain & Metode. Jakarta: Raja Grafindo persada.