Strategi Komunikasi Mahasiswa dalam Membangun Relasi Berdasarkan Teori Akomodasi Komunikasi

Main Article Content

Amanda Deswita
Riris Loisa

Abstract

This study aims to determine the process of communication accommodation by students in establishing friendship relationships. This research is motivated by the difficulties experienced by students in starting communication and friendship relationships due to cultural differences. The concept used is the theory of communication accommodation in interpersonal communication and intercultural communication. This research uses a qualitative approach with phenomenological methods, interviews, and observations. The research subjects are students aged 21-26 from various universities with different cultures, while the object of research is the behavior and obstacles experienced by these students. The results showed that communication accommodation can occur even though students come from the same region. Meanwhile, intercultural communication is more often experienced by students who experience a change of residence location. Therefore, this research is expected to provide an in-depth insight into the practice of communication accommodation as well as a contribution to the intercultural interaction process.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses akomodasi komunikasi oleh mahasiswa dalam menjalin hubungan pertemanan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami mahasiswa dalam memulai komunikasi dan hubungan pertemanan karena perbedaan budaya. Konsep yang digunakan yakni teori akomodasi komunikasi dalam komunikasi interpersonal dan komunikasi antarbudaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, wawancara, dan observasi. Subjek penelitian adalah mahasiswa usia 21-26 dari berbagai universitas dengan kebudayaan yang berbeda, sedangkan objek penelitian adalah perilaku dan kendala yang dialami oleh mahasiswa tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akomodasi komunikasi dapat terjadi meskipun mahasiswa berasal dari daerah yang sama. Sedangkan, komunikasi antarbudaya lebih sering dialami oleh mahasiswa yang mengalami perpindahan lokasi tempat tinggal. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam mengenai praktik akomodasi komunikasi serta kontribusi terhadap proses interaksi antarbudaya.

Article Details

How to Cite
Deswita, A., & Loisa, R. (2024). Strategi Komunikasi Mahasiswa dalam Membangun Relasi Berdasarkan Teori Akomodasi Komunikasi. Koneksi, 8(2), 453–462. https://doi.org/10.24912/kn.v8i2.27660
Section
Articles
Author Biographies

Amanda Deswita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Riris Loisa, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Andung, P. A., Hana, F. T., & Tani, A. B. B. (2019). Akomodasi Komunikasi pada Mahasiswa Beda Budaya di Kota Kupang. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(1), 1. https://doi.org/10.24198/jmk.v4i1.23519

Dewi, A. D. A. K. (2013). Studi Komparasi Faktor-Faktor Daya Tarik Interpersonal pada Mahasiswa Unnes yang Berpacaran Ditinjau dari Jenis Kelamin. Journal of Social and Industrial Psychology, 2(1), 32–44.

Gobang, J. K. G. D. (2014). Konflik Budaya Lokal pada Masyarakat di Pulau Flores (Sebuah Analisis Komunikasi Lintas Budaya). Jurnal Komunikasi, 9(1), 59–68.

Gustanti, L. (2017). Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak dalam Menanamkan Nilai Ibadah Shalat di Kelurahan Labuhan Ratu Raya Kecamatan Labuhan Ratu Bandar Lampung [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/855

Kusumawati, T. I. (2016). Komunikasi Verbal dan Nonverbal. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(2), 83–98.

Murdianto. (2018). Stereotipe, Prasangka dan Resistensinya (Studi Kasus pada Etnis Madura dan Tionghoa di Indonesia). Qalamuna, 10(2), 137–160.

Syahputra, E., Ismayati, H., Nun, N. A., & Maharani, P. N. (2022). Pengaruh Budaya terhadap Bahasa Indonesia (Pengaruh Budaya terhadap Bahasa Indonesia di Kalangan Remaja). Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 235–238.

Takari, M. (2019). Memahami Ilmu Komunikasi. ResearchGate, March, 1–13.

Tamburian, H. H. D. (2018). Komunikasi Lintas Budaya Masyarakat Dayak dalam Menjaga Kerukunan Hidup Umat Beragama. JK Jurnal Komunikasi, 10(1), 77–86.

Xiao, A. (2018). Konsep Interaksi Sosial dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(2), 94–99.