Proses Corporate Rebranding Framework oleh PT. Telekomunikasi Seluler Indonsesia

Main Article Content

Agnikafitriya Kurniawan
Hanny Hafiar
Anwar Sani

Abstract

In the digital era, Telkomsel is trying to commit and continue to adapt by carrying out corporate rebranding, which aims to change the company's brand image, which is quite old in the public eye. Through the descriptive research method, the researcher wants to analyze the "Corporate Rebranding Framework process by PT. Telekomunikasi Seluler Indonesia" to find out the stages of the corporate rebranding process carried out by Telkomsel. This study aims to determine the three stages of the Telkomsel rebranding process. The results of this study reveal that in the analysis phase, Telkomsel conducted a survey to introspect the brand that was used as the basis for identifying opportunities; Telkomsel decided to retain the company name and corporate colour brand elements, while the logo, font, and certain product elements were removed; at the planning stage, Telkomsel decided to carry out a renaming strategy by not changing the company's brand name; Telkomsel determines the marketing plan by combining three products into one.. Telkomsel also communicates with internal parties by disseminating information about corporate rebranding via office e-mail and internal WhatsApp Groups; At the evaluation stage, Telkomsel collaborates with international agencies to conduct surveys and monitor the Brand Equity Index of new products and corporate identities.


Di era digital, Telkomsel berusaha berkomitmen dan terus beradaptasi dengan melakukan corporate rebranding yang bertujuan untuk mengubah brand image perusahaan yang sudah cukup tua di mata publik. Melalui metode penelitian deskripti, peneliti hendak menganalisis “proses Corporate Rebranding Framework Oleh PT. Telekomunikasi Seluler Indonesia”, untuk mengetahui tahapan proses corporate rebranding yang dilakukan oleh Telkomsel. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui tiga proses tahapan dalam rebranding Telkomsel. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa pada tahap analisis, Telkomsel mengadakan survei untuk mengintrospeksi merek yang dijadikan landasan untuk mengidentifikasi peluang; Telkomsel memutuskan untuk mempertahankan nama perusahaan dan elemen merek corporate color, sedangkan elemen logo, fontype, dan beberapa produk tertentu dihilangkan;  pada tahap perencanaan, Telkomsel memutuskan untuk melakukan renaming strategy dengan tidak mengubah nama merek perusahaan dan mengubah target audiens perusahaan; Telkomsel menentukan marketing plan dengan menggabungkan tiga produk menjadi satu dan melakukan riset mengenai kebutuhan pelanggan. Telkomsel juga melakukan proses komunikasi pada pihak internal dengan menyebarkan informasi mengenai corporate rebranding melalui e-mail kantor dan Grup WhatsApp internal; pada tahap evalusi, Telkomsel melakukan kerjasama dengan agensi internasional untuk melakukan survey dan memantau Brand Equity Index terhadap produk dan identitas perusahaan yang baru.

Article Details

How to Cite
Kurniawan, A., Hafiar, H., & Sani, A. (2022). Proses Corporate Rebranding Framework oleh PT. Telekomunikasi Seluler Indonsesia. Koneksi, 6(2), 466–476. https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.19515
Section
Articles

References

Ardianto, E. (2011). Metode Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif (Revisi). Rosdakarya.

Daly, A., & Moloney, D. (2004). Irish Marketing Review (17th ed.). Mercury Publications.

Dewi, J. I., Ransus, F., & Wasiyanti, K. (2005). Inspirasi Bisnis : Perspektif Baru Dalam Strategi Branding, Bisnis, Dan Karir / Editor. Amara Books.

Kartajaya, H. (2010). The Official MIM Academy Coursebook : Brand Operation / Pengantar. Esensi Erlangga Grouo.

Kotler, P., & Keller, L. K. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas (1st ed., Vol. 12). PT. Indeks.

Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT. Remaja Rosdakarya.

Parente, D., & Strausbaugh-Hutchinson, K. (2015). Advertising Campaign: A Guide to Marketing Communication Plans (Fifth). Cengage Learning.

Pratama, I. M. (2015). Pengaruh Rebranding Terhadap Citra Bank Jambi Pada Nasabah. Jurnal Kajian Komunikasi, 3(2), 140–147. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jkk.v3i2.7404

Putri, A. F., Sumartias, S., & Sjorida, F. D. (2018). Proses Rebranding Mal Grand Indonesia Oleh Departemen Marketing Communication PT Grand Indonesia. PRofesi Humas, 2(2), 102–118. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/prh.v2i2.9063

Santoso, Y. P., Rezeky, R., & Toruan, L. M. (2018). Strategi Marketing Public Relations Dalam Rebranding Hsbc Indonesia Untuk Membentuk Brand Awareness. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/pustakom.v1i1.512

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sulaksana, U. (2003). Integrated Marketing Communication: Teks dan Kasus. Pustaka Pelajar.

Venus, A. (2018). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media.