Pengaruh Daya Tarik Iklan di Konvergensi Media Terhadap Brand Awareness (Studi Iklan Tiket.com di YouTube Pada Kalangan Generasi Z di Jakarta)

Main Article Content

Felicia Herlyana
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstract

The presence of social media increases technological progress. One of the most accessed social media is YouTube. Aside from being a means of entertainment, YouTube is now a means of promotion. One company that uses YouTube as a promotional tool is Tiket.com. Tiket.com is a company most often used by young people in Indonesia. Research on discussing the advertising appeal of Tiket.com on YouTube on brand awareness of Z generation in Jakarta. This study aims to determine whether or not there is an influence of the attractiveness of advertisements on brand awareness and how much influence the attractiveness of advertisements on YouTube on brand awareness by using Tiket.com ads as research objects.. This research was conducted using quantitative survey methods. The population in this study was generation Z in Jakarta who had watched Tiket.com advertisements on YouTube with a sample of 115 respondents. The conclusions of the study show that there is an influence of advertising appeal of Tiket.com on YouTube on brand awareness is strong and equal to 61,9%, while the remaining 38,1% could be influenced by others factors.

 

Hadirnya media sosial meningkatkan kemajuan teknologi. satu media sosial yang banyak diakses adalah YouTube. Selain sebagai sarana hiburan, kini YouTube menjadi  sarana promosi. Salah satu perusahaan yang menjadikan YouTube sebagai sarana promosi yaitu Tiket.com. Tiket.com merupakan perusahaan yang memberikan pelayanan reservasi tiket secara online yang menempati urutan kedua sebagai perusahaan tiket yang paling sering digunakan kalangan muda di Indonesia. Penelitian ini membahas tentang pengaruh daya tarik iklan Tiket.com di YouTube terhadap brand awareness generasi Z di Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh dari daya tarik iklan terhadap brand awareness dan seberapa besar pengaruh daya tarik iklan di YouTube terhadap brand awareness dengan menggunakan iklan Tiket.com sebagai objek penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah generasi Z di Jakarta yang pernah menonton iklan Tiket.com di YouTube dengan sampel penelitian sebanyak 115 responden. Hasil kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh daya tarik iklan Tiket.com di YouTube terhadap brand awareness bersifat kuat dan sebesar 61,9%, sedangkan sebanyak 38,1% dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. 

Article Details

How to Cite
Herlyana, F., & Utami, L. S. S. (2020). Pengaruh Daya Tarik Iklan di Konvergensi Media Terhadap Brand Awareness (Studi Iklan Tiket.com di YouTube Pada Kalangan Generasi Z di Jakarta). Prologia, 4(1), 160–166. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6463
Section
Articles

References

Awareness Ramayana di Jakarta. Prologia, 2 (2), 422-425. Agustus 24, 2019. Terarsip di https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/3722

Haryanto, Agus Tri. (2019, Maret 10). Riset Januari 2019: WhatsApp Digilai Netizen Indonesia. September 11, 2019. Detik.com database.

https://inet.detik.com/cyberlife/d-4461246/riset-januari-2019-whatsapp-digilai-netizen-indonesia

Jennifer & Sari. (2018). Pengaruh Iklan Versi “Nyalakan Harapan” Terhadap Brand.

Legasari, Indarti & Restuti. (2013). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kreativitas Iklan dan

Kredibilitas Endorser Terhadap Efektivitas Iklan dan Sikap Konsumen Pada Sabun Pemutih Wajah Merek Oil Of Olay di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, 3 (21), 1-15. September 20, 2019. Terarsip di: https://je.ejournal.unri.ac.id/index.php/JE/article/view/1740

Morissan. (2012). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group.

Nasrullah, Rulli. (2017). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Priansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Romli, Khomsah Rail. (2016). Komunikasi Massa. Jakarta: PT Grasindo.

Utami dan Hanum. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Word of Mouth Mahasiswa Unimus. Prosiding Seminar Nasional Unimus 2010. Terarsip di : https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/108/89