Studi tentang Motivasi ARMY Jakarta dalam Membeli Merchandise Idola (Studi Kasus Kaos Uniqlo X BT21)

Main Article Content

Johanna Ruthllianie
Diah Ayu Candraningrum

Abstract

This research attempts to adopt the individual motivation behind the decision in purchasing an idol merchandise. In addition the resources focused on the concept of consumer motivation and the consumer decision making process. The concept of motivation includes sources of motivation, divided into motivational intrinsic and motivation extrinsic. While the consumer decision-making process is divided into five steps which are recognized the need, looking for information, evaluation of decision, buying decision, and the consumer behavior after purchasing. The researcher uses a case study of the shirt Uniqlo X BT21 with qualitative method. The results of the research which is the consumer motivation lead to purchasing a Uniqlo X BT21 shirt. Parasocial interaction in fact can influence consumers to purchase merchandise. The more closely the relation between society can lead to higher motivation to purchase the needs. The collaboration between Uniqlo and BTS succeeds in attracting the fans. The results of collaboration between brand and public figures now is a strategy for creating promotional products. Entrepreneurs, who also use this strategy need to see the opportunity by using this phenomenon.

 

Penelitian ini mengangkat tentang motivasi individu dalam keputusan pembelian merchandise idola. Konsep yang digunakan yaitu motivasi dan keputusan pembelian. Konsep motivasi meliputi sumber motivasi, yaitu melalui motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Sedangkan untuk keputusan pembelian melalui lima tahapan yaitu, mengenali kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Penelitian ini menggunakan studi kasus terhadap kaos Uniqlo X BT21 dengan metodologi kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu motivasi yang menyebabkan pembelian kaos Uniqlo X BT21. Interaksi parasosial terbukti mampu untuk mempengaruhi pembelian merchandise. Semakin lekat sebuah hubungan parasosial, maka akan semakin tinggi motivasi minat beli. Kolaborasi yang diadakan Uniqlo dengan BTS dapat dikatakan berhasil menarik minat penggemar. Sehingga kolaborasi merek dan public figure kini merupakan sebuah strategi yang dapat dilakukan untuk mempromosikan produk. Pebisnis perlu melihat peluang yang hadir dalam fenomena tersebut.

Article Details

How to Cite
Ruthllianie, J., & Candraningrum, D. A. (2020). Studi tentang Motivasi ARMY Jakarta dalam Membeli Merchandise Idola (Studi Kasus Kaos Uniqlo X BT21). Prologia, 4(1), 128–134. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6449
Section
Articles
Author Biographies

Johanna Ruthllianie, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Diah Ayu Candraningrum, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Angeline, N. (2019, Januari 20). Dicap Alay hingga Jadi Tren, Begini Perkembangan K-Pop dari Masa ke Masa. Retrieved September 10, 2019, from Hot.detik.com: https://hot.detik.com/kpop/d-4392910/dicap-alay-hingga-jadi-tren-begini-perkembangan-k-pop-dari-masa-ke-masa

Azryatiti, T. A. (2017, September 27). BT21 - BTS Rilis Sticker LINE Kreasi Mereka Sendiri Loh! Kenalan Sama Karakter Imutnya Berikut Ini. Retrieved September 17, 2019, from tribunstyle.com: https://style.tribunnews.com/2017/09/27/bt21-bts-rilis-sticker-line-kreasi-mereka-sendiri-loh-kenalan-sama-karakter-imutnya-berikut-ini?page=4

Bela. (2019, Juni 21). Diluncurkan Hari Ini, Kaos Uniqlo X BT21 Sudah Sold Out. Retrieved September 10, 2019, from indozone.com: https://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiy8syC9MfkAhVNF6wKHUMKCmUQMwg5KA0wDQ&url=https%3A%2F%

Big Hit Entertainment. (2019). About BTS. Retrieved September 10, 2019, from ibighit.com: https://ibighit.com/bts/eng/

Bungin, B. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers. Retrieved September 19, 2019

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara. Retrieved September 20, 2019

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (12 ed.). Jakarta: Erlangga. Retrieved September 21 2019

Lingga, L., Setyanto, Y., & Utami, L. S. (2018). Komunikasi Antarpribadi Sesama Penggemar dalam Fandom (Studi pada Penggemar dalam Fandom BTS di Jakarta. Koneksi. Retrieved January 10, 2020

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta. Retrieved Oktober 1, 2019

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta. Retrieved September 16, 2019

Siahaan, S. (2019, Oktober 08). Tokopedia.com. Retrieved Desember 02, 2019, from Fakta Unik BTS ARMY, Fandom terbesar di Dunia Kpop: https://www.tokopedia.com/blog/profil-bts-ARMY/

Stever, G. S. (2013). Mediated vs Parasocial Relationships: An attachment perspective. Journal of Media Psychology, 17. Retrieved December 10, 2019

Sujarweni, W. (2019). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru. Retrieved October 8, 2019

Uniqlo. (2019). Retrieved September 10, 2019, from uniqlo.com: http://www.uniqlo.com/id/corp/pressrelease/2018/

Uniqlo. (2019, Juni 18). UNIQLO akan Meluncurkan UT yang Menampilkan Karakter Brand BT21. Retrieved September 10, 2019, from uniqlo.com: http://www.uniqlo.com/id/corp/pressrelease/2019/