Pengaruh Brand Trust terhadap Brand Loyalty Masyarakat dalam Menggunakan Maskapai Batik Air

Devina Dwiastuti Jusuf, Muhammad Gafar Yoedtadi
| Abstract views: 154 | views: 149

Abstract

Indonesia has many collections launched by Batik Air.The airline, which is a subsidiary of Lion Air, which is full service, led by Rusdi Kirana, based in Manado, North Sulawesi, has a slogan, Journey Begins. On May 3, 2013 the new Batik Air airline made its maiden flight in the area of Manado.Seiring over time, the airline has a Brand Trust that has an effect on Brand Loyalty, namely community loyalty in the eyes of the public which is quite high. Air Batik which was established in 2013, and in 2017 has been ranked fourth with the most passengers, this flight is seen at 8.4 percent (10,079,902 passengers) of 14 airlines in Indonesia and proves that Brand Trust from the high community influences Brand Loyalty seen from the way people continue to make purchases of airplane tickets.Batik Air as a provider of air transportation services that will continue to strive to improve performance both outside and inside the company Batik Air.

 

Indonesia mempunyai banyak sekali maskapai penerbangan salah satunya adalah maskapai penerbangan Batik Air. Maskapai yang merupakan anak perusahaan dari  Lion Air yang berlayanan penuh yang dipimpin oleh Rusdi Kirana yang berbasis di Manado,Sulawesi Utara yang mempunyai slogan yaitu Journey Begins. Pada 3 Mei 2013 maskapai Batik Air baru melakukan penerbangan perdananya di daerah Manado.Seiring dengan berjalannya waktu maskapai ini mempunyai Brand Trust atau Kepercayaan Merek yang berpengaruh terhadap Brand Loyalty yaitu loyalitas masyarakat dimata masyarakat yang terbilang cukup tinggi. Batik Air yang sudah berdiri tahun 2013, dan di tahun 2017 sudah berhasil berada di peringkat ke empat dengan penumpang penerbangan terbanyak ini terlihat sebesar 8,4 persen (10.079.902 penumpang) dari 14 maskapai yang ada di Indonesia dan membuktikan bahwa Brand Trust dari masyarakat yang tinggi berpengaruh terhadap Brand Loyalty terlihat dari cara masyarakat secara terus melakukan pembelian tiket pesawat. Batik Air sebagai penyedia jasa transportasi udara yang akan terus berupaya meningkatkan performa baik diluar maupun didalam perusahaan maskapai Batik Air.

Keywords

Batik Air; Brand Loyalty; Brand Trust; Towards Airlines; Terhadap Maskapai Penerbangan

Full Text:

PDF

References

Aaker.(2010). Manajemen Ekuitas Merek, Jakarta : Spektrum Mitra Utama

Effendy, Onong Uchjana. (2017). Ilmu Komunikasi, Teori & Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Cetakan ke-28. 9.

Fuz.(2015). Fakta-Fakta Menarik Tentang Batik Air Yang Patut Anda Tahu. 2015 Oktober 26. Traveloka Database.Terarsip di:

https://www.jpnn.com/news/fakta-fakta-menarik-tentang-batik-air-yang-patut-anda-tahu?page=2

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Mulyana, Deddy. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Cetakan ke-21. 72-73.

Sukendro,Genep.,dan Pandrianto,Nigar (2019).Diagnosa Komunikasi Brand Activation dan Media Digital Atas Eksistensi Brand Studio Rekaman Lokananta.Jurnal Ilmu Komunikasi Untar.Vol 11 No 1.Telah terarsip di : https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/4287/4388

Copyright (c) 2020 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.