Parodi Sebagai Strategi Kreatif Iklan di Indonesia (Studi Kasus Iklan Ovo X Grab Versi Rhoma Irama)

Ahmad Fauzi, Wulan Purnama Sari
| Abstract views: 69 | views: 121

Abstract

Saat ini banyak iklan yang menggunakan parodi. Parodi adalah suatu peniruan bentuk atau jenis cerita yang digunakan untuk menyindir atau untuk menciptakan efek humor dan gelak tawa. Salah satunya adalah iklan OVO x GRAB Versi Rhoma Irama. Iklan layanan transportasi online Grab ini punya konsep yang unik sekaligus menggelitik. Isinya bak adegan film legendaris Rhoma Irama. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana formulasi strategi iklan parodi atas iklan OVO X GRAB versi Rhoma Irama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain seara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata da bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep kreatif yang memadukan unsur pendekatan parodi adalah suatu teknik periklanan yang sangat menarik dan dapat diterapkan dengan baik dalam suatu produk. Hal ini menjadi bukti adanya keseriusan Iklan OVO x GRAB versi Rhoma Irama dalam menggaet khalayak ramai atau konsumen dengan menggunakan konsep kreatif yang baik, sehingga produk-produknya dikenal publik atau masyarakat luas. Dalam merumuskan konsep kreatif, tim kreatif Ambilhati agency melakukan formulasi strategi iklan dalam tiga tahapan yaitu dengan cara mengumpulkan dan mempersiapkan segala informasi pemasaran yang dibutuhkan dan mampu mengolah informasi yang didapat guna penetapan suatu positioning secara tepat dan penetapan tujuan iklan serta presentasi produk di hadapan klien guna mendapatkan persetujuan sebelum proses eksekusi dilakukan.

Keywords

Parody; Creative Strategy; Advertising; OVO; GRAB.

Full Text:

PDF

References

Anonym, Grab, www.grab.com, diakses 24 Juni 2019.

Arens, W.W., Michael F.W., & Christian, A. (2009). Contemporary Advertising and Integrated Marketing Communication. America (US): McGraw Hill.

Batey, Ian (2011). Asian Branding : A Great Way To Fly. Alih bahasa, Wahab, Abdul. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Chandra, (2019). “Ovo: Penggunaan dan Cara Transaksi Jaman Now”. https://www.finansialku.com/ovo/, diakses 24 Juni 2019.

Dahlan, M. Alwi. Manusia Komunikasi, Komunikasi Manusia, (Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara, 2008).

Durianto, Darmadi, Sugiarto, Anton WW dan Hendrawan S (2003)

Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif, PT Gramedia Pustaka, Jakarta.

Hakim, Budiman (2010b). Lanturan Tapi Relevan, Dasar-dasar Kreatif Periklanan, Yogyakarta: Galang Press.

Herdiansyah, H, (2010). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Ilmu Sosial. Jakarta. Salemba Humanika.

Hutcheon, Linda. (2005). The Theory of Adaptation. Roudledge, New York: Taylor & Francis Group.

Kotler, Philip., & Kevin Keller. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Latuconsina, Hudaya, (2010), Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rinek Cipta.

Miranti, Ayu. (2019). Manfaatkan Promo Grab Decacorn untuk Kebutuhan Aktivitas Harianmu, https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3914971/manfaatkan-promo-grab-decacorn-untuk-kebutuhan-aktivitas-harianmu, diakses 24 Juni 2019.

Morissan, M.A. (2007). Periklanan; Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta: Ramdina Prakarsa.

Morissan, M.A, (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta: Prenada Media Group.

Munandar, S.C.U (2009). Pengembanngan Kreativitas anak Berbakat, Jakarta, PT. Rineka Cipta dan Dep. Pendidikan dan Kebudayaan.

Suhandang, Kustadi (2009b). Periklanan: Manajeemen, Kiat dan Strategi., Bandung: Nuansa.

Sukendro, G. Gregorius (2016). Kreativitas Indoneesia: Analisis Iklan Pariwisata Indonesia “Pesona Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Wulandari. (2018). “Selangkah Lebih Maju Bersama Grab Menuju Masyarakat Non-Tunai”, https://www.grab.com/id/blog/selangkah-lebih-maju-bersama-grab-menuju-masyarakat-non-tunai/, diakses 24 Juni 2019.

Copyright (c) 2019 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.