Pemanfaatan Event sebagai Upaya Public Relations dalam Membangun Reputasi Perusahaan (Studi pada PT. XYZ sebagai pendukung kegiatan Asian Games 2018)

Feberi Jenty, Yugih Setyanto
| Abstract views: 74 | views: 125

Abstract

Peran Public Relations sangat penting saat ini bagi sebuah perusahaan dalam membangun reputasi. Dalam membangun reputasi sebuah perusahan tentunya ada program-program maupun aktivitas Public Relations. Salah satu aktivitas Public Relations yaitu event. Asian Games 2018 merupakan salah satu event terbesar dan dihadiri oleh 45 negara, yang pada tahun ini diselenggarakan di Indonesia. Banyak sekali perusahaan yang menjadi sponsorship dalam event besar ini, salah satunya adalah PT. XYZ yang sebagai official mobile partner dalam kesempatan ini yang diadakan 18 Agustus 2018 sampai dengan 2 September 2018. Sebuah kehormatan besar bagi  PT. XYZ dapat menjadi mobile partner dalam perhelatan yang besar terutama dalam membangun reputasi perusahaan dengan adanya 5G Experience Center di Gelora Bung Karno (GBK). Reputasi PT. XYZ saat Asian Games 2018 dapat diukur melalui PR Value yang dibuktikannya dengan data yang ada. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Adapun dari hasil penelitian ini bahwa event dapat membangun reputasi perusahan PT. XYZ dengan data yang didapat dari PR Value dan juga adanya 5G Experience Center yang diquote oleh Presiden Joko Widodo. 

Keywords

Public Relations; Reputasi

Full Text:

PDF

References

Moh. Nazir. (2011). Metode Penelitian. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.

Rosady Ruslan. (2017). Metode Penelitian : Public Relations dan Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta

Ahmad Beni. (2016). Komunikasi Antarbudaya. Bandung : CV. Pustaka Setia

Nova,Firsan. (2014). PR WAR..Jakarta. Grasindo

Scott M . Cutlip ; allen H. Center; Glen M. Broom. (2009). Effective Public Relations .Kencana Prenada Media Group.

Tench dan Yeomans. (2009). Exploring Public Relations. Prentice Hall.

Mochamad, Dyah dan Frizki . (2017). Reputasi yang Berkarakter. Jakarta : PT. Media Piar Indonesia

Suwanto. (2017). Komunikasi Pemasaran Kontekstual. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Moleong Lexy. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Utanza, Bangkit and Widiyanto, Ibnu (2013) Analisis Pengaruh Brand Reputation, Brand Predictability, Brand Competence dan Brand Liking Terhadap Brand Loyalty Kendaraan Niaga Merek Mitsubishi (Studi Pada Pemilik Kendaraan Niaga Mitsubishi di Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Monik, Novi and Wati Evelina, Lidya (2012). Strategi Promosi Event Konser Jesus Rock - Disciples Untuk Membangun Reputasi PT. Inspirasi Utama (Insight Unlimited) Periode April 2012. Undergraduate thesis, BINUS.

Lena Satlita. (2011). Media Public Relations. http:staff.uny.ac.id/dosen/lena-satlitadra-msi/PR-Minggu-08.pdf.

Copyright (c) 2019 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.