Live Shopping Tiktok sebagai Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen
Main Article Content
Abstract
The development of the times must be followed by new innovations to encourage a better direction, in other words adaptation must be done efficiently and effectively. This digitalization era gave birth to many social media platforms with various function and purposes. In everyday life, humans buy and sell goods and/or services to meet their needs. Technological advances realize the fulfillment of the needs of human life easily. Social media is not only used as a means of exchanging information and communication, but now people can take advantage of social media in the field of buying and selling online or what is often called online transactions. Therefore, researchers chose the topic of the influence of the attractiveness of Tiktok live shopping on consumer buying interest. The approach uses a quantitative approach. The sampling technique uses Non-Probability Sampling. Data collection method through questionnaries. The total respondents in the study amounted to 30 respondents for the pre-test and 100 respondents for the post-test. The population in the study was the social media followers of Tiktok @BARENBLISS_ID. The study found a pearson correlation value that there was a significant relationship between the influence of Tiktok live shopping attractiveness of 0,806 on buying interest.
Perkembangan zaman haruslah diikuti dengan inovasi baru untuk mendorong ke arah yang lebih baik, dengan arti lain adaptasi harus dilakukan dengan efisien dan efektif. Era digitalisasi ini melahirkan banyak platform media sosial dengan berbagai fungsi dan tujuannya. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia melakukan jual beli barang dan/atau jasa demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Kemajuan teknologi mewujudkan terpenuhinya kebutuhan hidup manusia dengan mudah. Media sosial tidak hanya dimanfaatkan sebagai sarana bertukar informasi dan komunikasi, namun saat ini masyarakat dapat memanfaatkan media sosial dalam bidang jual beli online atau yang sering disebut transaksi online. Oleh karena itu peneliti memilih topik pengaruh daya tarik live shopping Tiktok pada minat beli konsumen. Pendekatan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non-Probability Sampling. Metode pengumpulan data melalui kuesioner. Total responden dalam penelitian berjumlah 30 responden untuk pre-test dan 100 responden post-test. Populasi dalam penelitian adalah pengikut media sosial Tiktok @BARENBLISS_ID. Penelitian menemukan nilai pearson correlation bahwa terdapat hubungan signifikan diantara pengaruh daya tarik live shopping Tiktok sebesar 0,806 terhadap minat beli.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Barreto, L. P. (2014). Akseptansi Konsumen Muda Terhadap Iklan Sms (Sms Advertising) Di Timor Leste. Universitas Atmajaya Yogyakarta, 15–16.
Fransiska, V., & Paramita, S. (2020). Live Shopping dalam Industri Komunikasi Digital melalui Instagram. Jurnal Prologia, 4(1), 67–74.
Hermawan, D. J. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Online (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Platform Shopee). Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 9, 103.
Nabila Ainiyyah, A., & Makhrian, A. (2023). Pengaruh Daya Tarik Dalam Live Streaming Facebook Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengikut Akun MeyRiana Raja Gukguk di Facebook). JURNAL KAGANGA, 7(1), 33.
Riswandi, D. (2019). Transaksi On-Line (E-Commerce) : Peluang Dan Tantangan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Econetica, 1(1), 3–4.
Sari, S. (2019). Pengaruh Kelompok Referensi, Online Customer Review Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Generasi Milenial Natasha Skin Clinic Center).