Kegiatan Pengelolaan Media oleh Prokopim Kota Tangerang dalam Realisasi Penataan Pasar Sipon
Main Article Content
Abstract
This research discusses the media management activities by Prokopim Tangerang City in the realization of the Sipon Market revitalization in 2024. Media management is crucial in building an organization’s relationship with the media. Therefore, this research aims to explore the media management by Prokopim Tangerang City in implementing one of the government programs in 2024, the revitalization of Sipon Market. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data was collected through in-depth interviews, participatory observation, and documentation. The research results show that Prokopim Tangerang City applies a two-way symmetric communication model, which aligns with the Excellence theory in government Public Relations. It was found that Prokopim actively establishes relationships with various local and national media through press releases and press conferences, and it involves media in field coverage to enhance the accuracy of the information shared. The communication carried out by Prokopim with the media is transparent and responsive, which strengthens the good relationship with the media and supports the success of the Sipon Market revitalization program.
Penelitian ini membahas kegiatan pengelolaan media oleh Prokopim Kota Tangerang dalam realisasi penataan Pasar Sipon tahun 2024. Pengelolaan media menjadi faktor penting dalam membangun hubungan sebuah organisasi dengan media. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan media yang dilakukan oleh Prokopim Kota Tangerang dalam merealisasikan salah satu program pemerintah di tahun 2024 yaitu penataan Pasar Sipon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Prokopim Kota Tangerang menerapkan komunikasi dua arah simetris yang sesuai dengan teori Excellence dalam Humas pemerintah. Diketahui, Prokopim Kota Tangerang aktif menjalin hubungan dengan berbagai media lokal hingga nasional melalui siaran pers, konferensi pers, dan pelibatan media dalam liputan lapangan untuk meningkatkan akurasi informasi yang disampaikan. Komunikasi yang dilakukan Prokopim Kota Tangerang dengan media bersifat transparan dan responsif, sehingga dapat memperkuat hubungan baik dengan media serta mendukung kesuksesan program penataan Pasar Sipon.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage.
Erduandi. (2018). Strategi Public Relation Dalam Membangun Hubungan Dengan Media Massa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 15(2), 35–41. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/article/view/3598/3353
Erisanty, D., Kriyantono, R., & Susanti, N. F. (2020). Studi Deskriptif Tentang Aktivitas Public Relations Di Indonesia Berdasarkan Prinsip-Prinsip Teori Excellence (Studi pada Anggota Perhimpunan Hubungan Masyarakat (PERHUMAS) Malang). Jurnal Academia, 5–6.
Girsang, C. N., & Kartikawangi, D. (2021). Pola Komunikasi Simetris Dua Arah: Strategi Perusahaan Membangun Engangement Melalui Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 13(2), 271–286. https://doi.org/10.24912/jk.v13i2.11191
Habibie, D. K. (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 79–86. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/download/20770/15512
Hariani, R. W., & Fathiyah. (2024). Tantangan dan Strategi Radar Sulbar sebagai Lembaga Media Cetak di Era Digital. PUBLISTIK: Riset Jurnalistik dan Komunikasi Media, 1(1), 28–39. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/publistikji/article/view/10639
Hidayat, A., & Setyanto, Y. (2019). Fenomena Catcalling sebagai Bentuk Pelecehan Seksual secara Verbal terhadap Perempuan di Jakarta Fenomena Catcalling sebagai Bentuk Pelecehan Seksual secara Verbal terhadap Perempuan di Jakarta. Jurnal Koneksi, 3(2), 485–492. https://lintar.untar.ac.id/repository/penelitian/buktipenelitian_10908007_4A170122135937.pdf
Lestari, M. P. (2024). Media Relations Kolaboratif Humas DPRD Provinsi Sumatera Selatan. Research Gate, 1–8. https://www.researchgate.net/publication/379340808
Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Jurnal Lontar Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645
Putra, F. D. (2024, April 19). Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata. Tangerangnews.com. https://www.tangerangnews.com/kota-tangerang/read/48943/Kumuh-dan-Bikin-Macet-Pasar-Sipon-Kota-Tangerang-Bakal-Segera-Ditata
Rolos, P. M., & Wijaya, L. S. (2020). Model Komunikasi Public Relations di Pemerintah Kota Salatiga dengan Pendekatan Model Komunikasi Grunig dan Hunt. Jurnal InterAct, 9(1), 71–78. https://doi.org/10.25170/interact.v9i1.1712
Suriady, I., Ningsih, F. P., Rini, G. M. R., & Savhira, F. F. (2023). Analisis Media Relations Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah. Jurnal Kinesik, 10(2), 193–211. https://doi.org/10.22487/ejk.v10i2.917
Theaker, A. (2016). The Public Relations Handbook (5th Edition) (A. Theaker, Ed.; 5th ed.). Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781315709918