Komunikasi Persuasif di Media Sosial TikTok untuk Membangun Kesadaran Merek @marveile.id

Isi Artikel Utama

Febellyn Febellyn
Riris Loisa

Abstrak

Persuasive communication is a form of communication that refers to the audience so that they accept the message and follow the wishes conveyed by the communicator. This research wants to know how persuasive communication of live programs on TikTok social media is in building brand awareness. This research uses a qualitative approach with data collection techniques in the form of interviews. The form of persuasive communication used in this study consists of persuader, persuade, persuasive message, persuasive channel, and feedback. The results showed that persuasive communication was conveyed clearly to communicants so that there was mutual communication between business owners, hosts, and followers. In order for the message to be received by the communicator well, it is necessary to determine the appropriate target market.


Komunikasi persuasif merupakan bentuk komunikasi yang mengacu audiens agar mereka menerima pesan dan mengikuti keinginan yang disampaikan oleh komunikator. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana komunikasi persuasif program live di media sosial TikTok dalam membangun kesadaran merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara. Bentuk komunikasi persuasif yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari Persuader, persuadee, pesan persuasif, saluran persuasif, dan umpan balik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi persuasif sudah disampaikan jelas kepada komunikan sehingga terjadi komunikasi timbal balik antara pemilik usaha, host dan followers. Agar pesan diterima komunikan dengan baik maka perlu penentuan target pasar yang sesuai.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Febellyn, F., & Loisa, R. (2025). Komunikasi Persuasif di Media Sosial TikTok untuk Membangun Kesadaran Merek @marveile.id. Prologia, 9(1), 50–56. https://doi.org/10.24912/pr.v9i1.27850
Bagian
Articles

Referensi

Azizah, F. N., Ilham, I. F., Aqidah, L. P., & Firdaus, S. A. (2020). Strategi UMKM untuk Membangun Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. 5(1).

Budiyatmo, B., & Iriani, A. (2022). Membangun Citra Sekolah Berdasarkan Marketing Mix untuk Membangun Jumlah Peserta Didik. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 238–252. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i2.p238-252

Caroline, A. (2018). Komunikasi Persuasif Komunitas Kongkow Nulis Dalam Membangun Budaya Menulis di Kalangan Mahasiswa Kota Pekanbaru. JOM Fisip, 5(1), 1–13.

Endarwati, E. T., & Ekawarti, Y. (2021). Pengguna Aktif Tiktok. 4, 112–120.

Inayati, L. S. (2017). Pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan periklanan terhadap keputusan pembelian. 6(April), 1–20.

Kholil, S., Komunikasi, D., Universitas, I., Negeri, I., & Utara, S. (2023). Membaca Iklim Komunikasi Kampus : Eksplorasi pada Civitas Academika Fakultas Dakwah dan Komunikasi. 8(4), 626–642.

Porda, H., Putro, N., Rezky, M., & Handy, N. (2022). Social Interaction of Riverside Communities on River Utilization in Banua Anyar Village. 4(September), 46–52.

Pratiwi, S. R., Dida, S., & Sjafirah, N. A. (2018). Strategi Komunikasi dalam Membangun Awareness Wisata Halal di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 78. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.12985

Rahayu, T., Syafril, S., Islam, U., Raden, N., Lampung, I., & Wekke, I. S. (2019). Teknik Menulis Review Literatur Dalam Sebuah Artikel Ilmiah. September. https://doi.org/10.31227/osf.io/z6m2y

Rakhmatin, T. (2017). Pengaruh Komunikasi Persuasif Personal Sales Terhadap Keputusan Pembelian Produk Al-Quran Miracle the Reference E-Pen.

Rasyid Hardi Wirasasmita, Y. K. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. 1, 35–43.

Destyani, Siti S., & Suherman, M. (2022). Komunikasi Humas Sekertariat Presiden Republik Indonesia Melalui Unggahan Foto Kegiatan Presiden Dalam Mencegah Berita Hoax. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.4095

Sumirat & Suryana. (2014). Komunikasi Persuasif. Universitas Terbuka.

Artikel Serupa

<< < 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.