Analisis Semiotika Representasi Keluarga Ideal Dalam Iklan Layanan Masyarakat Di Majalah Colours

Main Article Content

Zeny Zeny
Suzy S. Azeharie

Abstract

Di majalah kerap ditemui iklan layanan masyarakat yang ditujukan untuk publik dengan menampilkan gambar yang terdiri dari ayah, ibu dan sepasang anak laki-laki dan perempuan. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti representasi keluarga ideal dalam iklan layanan masyarakat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional di majalah Colours edisi Juli 2017. Penulis akan mejabarkan dengan analisis semiotika yang juga dilihat dari sudut pandang agama dan budaya tertentu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi massa, iklan, iklan layanan masyarakat, majalah, semiotika Roland Barthes, budaya, agama dan representasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif secara deskriptif. Data yang dianalisis diperoleh dari hasil analisa semiotika Roland Barthes yang terdiri dari denotasi, konotasi dan mitos serta wawancara mendalam dengan narasumber.

Article Details

How to Cite
Zeny, Z., & Azeharie, S. S. (2018). Analisis Semiotika Representasi Keluarga Ideal Dalam Iklan Layanan Masyarakat Di Majalah Colours. Prologia, 1(2), 609–613. https://doi.org/10.24912/pr.v1i2.2001
Section
Articles
Author Biographies

Zeny Zeny, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Suzy S. Azeharie, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Sari, Wulan Purnama. (2015). Konflik Budaya Dalam Konstruksi Kecantikan Wanita Indonesia (Analisis Semiotika Dan Marxist Iklan Pond’s White Beauty Versi Gita Gutawa). Jurnal Karya Ilmiah Dosen Fikom, 198-206.

Pujiyanto. (2013). Iklan Layanan Masyarakat. Yogyakarta: Andi.

Morrisan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, Indiwan Seto Wahyu. (2014). Semiotika Komunikasi Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.