Pemanfaatan TikTok Sebagai Sarana Strategi Komunikasi Branding Universitas Tarumanagara

Main Article Content

Debora Natalia Pasanea
Septia Winduwati

Abstract

The increasing number of universities in Indonesia has led to higher competition between universities to attract the attention of prospective students. Therefore, it is important for a university to maintain its reputation by implementing personal branding. This research discusses on the personal branding strategy of a private university through social media. This research studied on Untar's personal branding strategy through @untarjakarta TikTok account. The methodology used in this research is qualitative methodology with data collection techniques through interviews, observation, and documentation. The theories used are public communication theory, personal branding concept, and employer branding. After conducting the research process, it can be concluded that Untar Public Relations utilizes TikTok @untarjakarta social media to build an impression or branding to the public. This strategy is done by using six personal branding concepts, namely specialization, personality, difference, appearance, unity, and constancy. In order to build an honest and credible reputation to the public, Untar Public Relations uses real and active students as talents on @untarjakarta TikTok account.


 


Peningkatan jumlah perguruan tinggi di Indonesia, menyebabkan semakin tingginya persaingan antara perguruan tinggi untuk menarik perhatian calon mahasiswa. Sehingga penting bagi sebuah perguruan tinggi untuk mempertahankan reputasi dengan melakukan personal branding. Penelitian ini membahas bagaimana strategi personal branding perguruan tinggi swasta melalui media sosial. Peneliti mengambil studi pada strategi personal branding Untar melalui TikTok @untarjakarta. Metodologi yang digunakan peneliti adalah metodologi kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori-teori yang digunakan adalah teori komunikasi publik, konsep personal branding, dan employer branding. Setelah melakukan proses penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa Humas Untar memanfaatkan media sosial TikTok @untarjakarta guna membangun kesan atau branding di mata publik. Strategi ini dilakukan Humas Untar dengan menggunakan enam konsep personal branding, yaitu spesialisasi, kepribadian, perbedaan, kenampakan, kesatuan, dan keteguhan. Guna membangun reputasi yang jujur dan kredibel terhadap publik, Humas Untar menggunakan mahasiswa asli dan aktif sebagai talent dalam TikTok @untarjakarta.


 

Article Details

How to Cite
Pasanea, D. N., & Winduwati, S. (2024). Pemanfaatan TikTok Sebagai Sarana Strategi Komunikasi Branding Universitas Tarumanagara. Prologia, 8(2), 502–511. https://doi.org/10.24912/pr.v8i2.27689
Section
Articles
Author Biographies

Debora Natalia Pasanea, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Septia Winduwati, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Alifia, Z., Hafiar, H., & Sani, D. A. (2020). Pelaksanaan Employer Branding PT. Arya Noble. Komunikasi, 11(1), 48–68. https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/comm/article/viewFile/1007/775

Annur, C. M. (2021). Mayoritas Calon Mahasiswa Cari Informasi Universitas dan Jurusan Lewat Sosial Media. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/21/media-sosial-sumber-informasi-perguruan-tinggi-jurusan-mayoritas-siswa

Annur, C. M. (2023a, March 1). Jumlah Perguruan Tinggi di Indonesia Capai 3.107 Unit pada 2022, Mayoritas dari Swasta. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/01/jumlah-perguruan-tinggi-di-indonesia-capai-3107-unit-pada-2022-mayoritas-dari-swasta

Annur, C. M. (2023b, May 23). Pengguna TikTok di Indonesia Terbanyak Kedua di Dunia per April 2023, Nyaris Salip AS? Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/24/pengguna-tiktok-di-indonesia-terbanyak-kedua-di-dunia-per-april-2023-nyaris-salip-as

Jesslyn, & Winduwati, S. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pada Online Shop @ivoree.id dalam Memasarkan Produk. Prologia. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/8178/6907

Latuheru, R. D. (2019). Branding Perguruan Tinggi Swasta (Studi Kasus Strategi Marketing Public Relation Universitas Kristen Indonesia Maluku). Jurnal Badati, 1(1), 105–116. https://ojs.ukim.ac.id/index.php/badati/article/view/200

Mucharam, A. (2022). Membangun Komunikasi Publik yang Efektif. Journal UPI YAI. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/1830/1495

Prasetyo, O., & Kumalasari, D. (2021). Nilai-Nilai Tradisi Peusijuek Sebagai Pembelajaran Sejarah Berbasis Kearifan Lokal. MUDRA Jurnal Seni Budaya . https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/mudra/article/view/1387/719

Setyanto, Y., Anggarina, P. T., & Valentina, ; Anny. (2017). Branding yang Dilakukan Humas pada Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 171–182. https://doi.org/10.24912/JMISHUMSEN.V1I1.347

Soraya, I. (2017). Personal Branding Laudya Cynthia Bella Melalui Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @Bandungmakuta). Jurnal Komunikasi. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2654/1804

Yusanda, A., Darmastuti, R., & Huwae, G. N. (2021). STRATEGI PERSONAL BRANDING MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Analisis Isi pada Media Sosial MahasiswaUniversitas Kristen Satya Wacana). Scriptura, 11(1), 41–52. https://doi.org/10.9744/scriptura.11.1.41-52