Cyber Public Relations, Corporate Social Responsibility, dan Citra Produk Pakaian Erigo

Main Article Content

Rio Heryanto
Rezi Erdiansyah

Abstract

Erigo is one of the Indonesian products that sells a wide range of products in the clothing industry sector. A Public Relations practitioner who uses the internet in carrying out his duties is called Cyber Public Relations. The task of a Public Relations is not only to establish good relationships with business partners, but as a good Public Relations is able to design social programs called Corporate Social Responsibility to get a good image in the community. The purpose of this study was to determine the effect of Cyber Public Relations, Corporate Social Responsibility and Erigo product image. This research was conducted using quantitative and data collection methods using surveys to collect data by distributing questionnaires via google form. The population in the study were individuals who had bought or used Erigo products and were at least 17 years old. The sampling technique used purposive sampling by identifying specific identities for research purposes, the sample used amounted to 112. Based on the results of the study, it shows that Cyber Public Relations has no effect on image, Corporate Social Responsibility affects image, Cyber Public Relations, Corporate Social Responsibility have an influence on Erigo's image by 25.9%.


Erigo merupakan salah satu produk Indonesia yang menjual berbagai macam produk pada sektor industri pakaian. Seorang praktisi Public Relations yang menggunakan internet dalam menjalankan tugasnya disebut dengan Cyber Public Relations. Tugas dari seorang Public Relations tidak hanya menjalin hubungan yang baik dengan rekan bisnis, tetapi sebagai Public Relations yang baik mampu merancang program sosial yang disebut dengan penerapan tanggung jawab sosial perusahaan bertujuan untuk memperoleh reputasi yang positif di kalangan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Cyber Public Relations, Corporate Social Responsibility dan citra produk Erigo. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode pengambilan data menggunakan survei untuk menghimpun informasi, dilakukan dengan mendistribusikan survei menggunakan formulir google. Populasi pada penelitian ini adalah individu yang pernah membeli atau menggunakan produk Erigo dan minimal usia 17 tahun. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan mengidentifikasi identitas – identitas khusus untuk tujuan penelitian, sampel yang digunakan berjumlah 112. Data peneliti yang diperoleh diuji dengan aplikasi IBM SPSS versi 29. Berdasarkan hasil menunjukkan Cyber Public Relations tidak memiliki pengaruh pada citra, Corporate Social Responsibility berpengaruh terhadap citra, Cyber Public Relations, Corporate Social Responsibility mempunyai pengaruh pada citra Erigo sebesar 25,9%.

Article Details

How to Cite
Heryanto, R., & Erdiansyah, R. (2024). Cyber Public Relations, Corporate Social Responsibility, dan Citra Produk Pakaian Erigo. Prologia, 8(2), 438–445. https://doi.org/10.24912/pr.v8i2.27657
Section
Articles
Author Biographies

Rio Heryanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Rezi Erdiansyah, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Alfiansya, I., & Nurhadi, N. (2023). Pengaruh Influencer Media Sosial Dan Testimoni Terhadap Minat Beli Produk Erigo Di Marketplace Indonesia. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i2.1350

Dwijayanti, J., & Kusumastuti, Y. I. (2018). Hubungan Antara Cyber Public Relations Dalam Mengkomunikasikan Etika Bisnis Dan Citra Burgreens Correlation Between Communicating Business’ Ethic through Cyber Public Relations and Burgreens’ Image. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(2). https://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalkmp/article/view/25631

Fatma, N., Fajri Irfan, N., & Finatry Latiep, I. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Produk Menggunakan Persepsi Harga Dan Kualitas Produk. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(2), 533–540. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1674

Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178. https://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB/article/view/47

Ismaulidina, Juliana Hasibuan, E., & Wal Hidayat, T. (2020). Strategi Komunikasi Public Relations Dalam Membangun Citra Dan Kepercayaan Calon Jemaah Haji Dan Umroh. 2(1), 12–17. https://jurnalmahasiswa.uma.ac.id/index.php/jipikom

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Historis, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075

Marlyna, A. (2020). Pengaruh Cyber Public Relations Terhadap Citra Produk Mineral Botanica. https://core.ac.uk/download/pdf/300879017.pdf

Maulyan, F. F., Drajat, D. Y., Angliawati, R. Y., & Sandini, D. (2022). Pengaruh Service Excellent Terhadap Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan: Theoretical Review. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 2685–6972. https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index

Miftahul Janna, N. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS. Osfpreprints. https://osf.io/v9j52/download

Nurjanah, A., & Yulianti, F. (2019). Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) Dan Komunikasi CSR (Studi Kasus: CSR Delegation European Union To Malaysia Dan CSR PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap Plant). Profetik: Jurnal Komunikasi, 12(1), 93. https://doi.org/10.14421/pjk.v12i1.1542

Nurjanah, R., & Mulazid, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(1), 40. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v9i1.40-53

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert Dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Ruth, D., & Candraningrum, A. (2020). Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok Terhadap Personal Branding Generasi Milenial Di Instagram. Jurnal Untar Koneksi, 4, 207–214. https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8093

Susanto, T., Utamidewi, W., Nur Muhamad, R. P., & Syamsuri, S. A. (2019). Implementasi Cyber Public Relations Universitas Singaperbangsa Karawang Pada Persaingan Era Digital. Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3, 200–210. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i1.3454

Wijaya, P., & Erdiansyah, R. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Scarlett Whitening Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Prologia, 6, 296–303. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/15475/12649

Wisudaningsi, B. A., Arofah, I., & Belang, K. A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Analisis Regresi Linear Berganda. Jurnal Statistika Dan Matematika, 1(1). https://core.ac.uk/download/pdf/337611845.pdf