Pengaruh Brand Trust dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan

Main Article Content

Michelle Gracella Harifin
Sinta Paramita

Abstract

The cosmetics industry in Indonesia is growing rapidly, but behind this success, the local beauty industry also faces a number of challenges that should not be ignored. A clear example of this challenge can be seen in the case of the quality of one of Looke Cosmetics' products, which received negative attention from consumers on social media. The purpose of this study is to understand and determine the extent to which brand trust and brand awareness influence the purchase decision of the Looke Cosmetics brand. A quantitative approach was used in this study with data collection techniques using a questionnaire with 100 respondents. The data was analyzed using multiple linear analysis methods, coefficient of determination, t-test and f-test. The results of regression analysis show that both have a positive contribution to purchase decisions, where brand awareness has a greater impact than brand trust, expressed in the regression model Y = 8.286 + 0.189X1 + 0.401X2. The results also showed that brand trust and brand awareness together have an influence of 45.9% on the purchase decision of Looke Cosmetics products, while the remaining 54.1% comes from other components. This confirms that both variables have a significant impact on purchase decisions.


Industri kosmetik di Indonesia sedang berkembang pesat, namun dibalik kesuksesan tersebut, industri kecantikan lokal juga dihadapkan pada sejumlah tantangan yang tidak boleh diabaikan. Contoh nyata dari tantangan ini dapat ditemukan dalam kasus kualitas salah satu produk Looke Cosmetics yang mendapat sorotan negatif dari para konsumen di media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mengetahui sejauh mana brand trust dan brand awareness mempengaruhi keputusan pembelian brand Looke Cosmetics. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dengan responden sebanyak 100. Analisis data menggunakan metode analisis linear berganda, koefisien determinasi, uji t, dan uji f. Hasil dari analisis regresi menunjukkan bahwa keduanya memberikan kontribusi positif terhadap keputusan pembelian, dimana brand awareness memiliki dampak yang lebih besar daripada brand trust, dinyatakan dalam model regresi Y =  8,286 + 0,189X1 + 0,401X2. Hasil penelitian juga menemukan bahwa brand trust dan brand awareness bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 45,9% terhadap keputusan pembelian produk Looke Cosmetics, sedangkan 54,1% sisanya dari komponen lainnya. Hal ini menegaskan bahwa kedua variabel memiliki dampak yang substansial terhadap keputusan pembelian.

Article Details

How to Cite
Harifin, M. G., & Paramita, S. (2024). Pengaruh Brand Trust dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan. Prologia, 8(2), 401–409. https://doi.org/10.24912/pr.v8i2.27641
Section
Articles
Author Biographies

Michelle Gracella Harifin, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sinta Paramita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ermawati, A. (2018). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Purchase Decision Produk United. Agora, Volume 6, No.2, 6(2). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/7709

Hadi, M. Z., & Keni, K. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Brand Trust terhadap Purchase Intention pada Produk Kecantikan Ramah Lingkungan. In Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan (Vol. 6, Issue 3, p. 254). https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i3.18649

Hamassy, A. I. Al. (2022, October 25). Industri Kecantikan Tanah Air Punya Prospek Bagus. Kompas.Com. https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2022/10/25/bpom-menilai-industri-kosmetik-akan-tetap-berkembang

Humaira, N. (2021). View of ISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) Model of Cosmetics Marketing Communication on Online Beauty Forum (Case-Study: Avoskin Marketing on Sociolla). Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 4, No.1. https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Medialog/article/view/1031/685

Keller, K. (2003). Strategic Brand Management: building, measuring, and managing brand equity. Prentince Hall.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip - prinsip Pemasaran: Vol. Jilid 1. Erlangga.

Meliana, V., & Ifander, S. E. (2020). Pemanfaatan Brand Awareness dan Brand Trust terhadap Minat Beli Produk Terbaru. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi , 7(1), 44–48.

Mutia, A. (2022a). Daftar Kosmetik Vegan Paling Populer di Indonesia Versi Populix. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/08/daftar-kosmetik-vegan-paling-populer-di-indonesia-versi-populix

Pandiangan, K., Dwi Atmogo, Y., & Author, C. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Equity: Brand Trust, Brand Image, Perceive Quality, & Brand Loyalty. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 471–484. https://doi.org/10.31933/JIMT.V2I4.459

Saputro, R. Y., Dhiana Paramita, P., Warso, M. M., Jurusan, M., Fakultas, M., Universitas, E., Semarang, P., & Jurusan, D. (2016). Astra Honda Semarang. In Journal Of Management (Vol. 2, Issue 2).

Situmeang, I. V. O. (2021). View of Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty (Survey Pada Followers Instagram @iphone_indonesia_officciall). Jurnal Humaniora Vol 5 No. 3. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/2779/2041

Sutandi, R. J., & Naryoso, A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Biscoff Coffee & Pastry Semarang Dalam Meraih Loyalitas Pelanggan | Sutandi | Interaksi Online. E-Journal Undip. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/33446

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (F. Tjiptono, Ed.). Andi Offset.

Triastuti, R. R., Ma’arif, A. A., & Ruhiyat. (2020). Peran Manajemen Krisis Sebagai Upaya Mempertahankan Citra. Jurnal Hubungan Masyarakat, 2(1), 61–80.

View of Pengaruh Promosi Shopee 9.9 Super Shopping Day terhadap Minat Beli Penggunanya Selama Pembatasan Sosial Berskala Besar di Wilayah DKI Jakarta. (n.d.). Retrieved January 12, 2024, from https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/10132/7934

Widodo, T., & Rakhmawati, D. (2021). Peran Brand Trust dan Brand Reputation dalam Menguatkan Pengaruh Brand Awareness terhadap Brand Performance Kasus pada Langit Musik. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 12(3), 189–201. https://doi.org/10.29244/JMO.V12I3.34463