Membangun Personal Branding 'Positif Energy' Melalui Media Sosial Shasa Zhania

Main Article Content

Aliya Khotimah
Farid Rusdi

Abstract

TikTok's popularity rising. Number of women 16-24 years old considering it their "favorite" has jumped more than a third. The power of personal branding creates new opportunities in TikTok content creator accounts (Shasa Zhania). Shasa Zhania's personal branding to increase followers on TikTok social media and see social responses about the value of feminine energy. The research uses a qualitative-descriptive method, through the semantic approach of the Semiotic code according to Charles Sanders Peirce which relates to the 8 concepts of personal branding from Peter Montoya. The author collects information through the tiktok @_shaz, based on library sources and the results of data reduction through journals related to "Utilization of Social Media, TikTok for Personal Branding". The results of data presentation become informative, and conclusions are clearly verified. The results of the semiotic model analysis successfully identified the appropriate trichotomy component, it is known that the sign in the selected video uses Qualisign. The index object: the shape of each video. The interpretant uses rheme, argument based on text The results of the theory of 8 personal branding concepts in relation to Shana Zania, in these findings, have fulfilled 8 personal branding concepts to survive as a content creator.


Popularitas TikTok meningkat dengan jumlah perempuan antara 16-24 tahun menganggapnya sebagai platform sosial “favorit” telah melonjak lebih dari sepertiga selama setahun terakhir. Kekuatan personal branding menciptakan peluang baru di akun TikTok content creator, seperti Shasa Zhania. Menariknya, personal branding Shasa Zhania untuk meningkatkan followers di media sosial TikTok dan melihat tanggapan sosial tentang nilai feminine energy dari dirinya. Penelitian menggunakan metode kualitatif-deskriptif, melalui pendekatan semantik kode Semiotika menurut Charles Sanders Peirce yang berhubungan dengan 8 konsep personal branding menurut Peter Montoya secara terperinci dalam bentuk pemaknaan tanda. Penulis mengumpulkan informasi melalu objek penelitian pada akun media sosial tiktok @_shaz, berdasarkan sumber pustaka dan hasil reduksi data melalui jurnal-jurnal yang berkaitan dengan “Pemanfaatan Media Sosial, TikTok untuk Personal Branding”. Hasil penyajian data menjadi lebih informatif dan simpulan terverifikasi dengan jelas. Hasil analisa model semiotika, berhasil didentifikasi komponen trikotomi yang sesuai, maka diketahui bahwa tanda pada video yang dipilih menggunakan Qualisign. Objek indeksnya: bentuk dari setiap frame video, sedangkan interpretant menggunakan rheme dan argumen berdasarkan teks yang sedikit rancu sehingga memungkinkan adanya penafsiran multitafsir. Hasil teori 8 konsep personal branding hubungannya dengan Shana Zania, pada temuan ini, telah memenuhi 8 konsep personal branding untuk dirinya dapat bertahan menjadi seorang content creator.

Article Details

How to Cite
Khotimah, A., & Rusdi, F. (2024). Membangun Personal Branding ’Positif Energy’ Melalui Media Sosial Shasa Zhania. Prologia, 8(2), 328–337. https://doi.org/10.24912/pr.v8i2.27605
Section
Articles
Author Biographies

Aliya Khotimah, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Farid Rusdi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Agnesia, V., & Saputra, A. J. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Commerce, Financial Technology Dan Media Sosial Terhadap Peningkatan Pendapatan Umkm Kota Dumai. E-Jurnal Akuntansi, 32(3), 750. https://Doi.Org/10.24843/Eja.2022.V32.I03.P15

Creswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun Tiktok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://Doi.Org/10.31294/Khi.V12i1.10132

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(April), 20.

Kemp, S. (2023). Digital 2023: Global Overview Report. Https://Doi.Org/Datareportal – Global Digital Insights

Kurniawan, N., & Gabriella, S. (2020). Personal Branding Sebagai Komodifikasi Konten Pada Akun Youtube Rahmawati Kekeyi Putri Cantika. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(01), 27–45.

Putri, S. D., & Azeharie, S. (2021). Strategi Pengelolaan Komunikasi Dalam Membentuk Personal Branding Di Media Sosial Tiktok. Koneksi, 5(2), 280. https://Doi.Org/10.24912/Kn.V5i2.10300

Rampersad, H. K. (2015). Authentic Personal Branding Coaching: Entrepreneurial Leadership Brand Coaching For Sustainable High Performance. Information Age Publishing Inc.

Safitri Anggi, A., Rahmadhany, A., & Irwansyah, I. (2021). Penerapan Teori Penetrasi Sosial Pada Media Sosial: Pengaruh Pengungkapan Jati Diri Melalui Tiktok Terhadap Penilaian Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 1–9. https://Doi.Org/10.47233/Jteksis.V3i1.180

Saleha, & Yuwita, M. R. (2023). Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Simbol Rambu Lalu Lintas Dead End. Mahadaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 3, 65–72.