Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Terhadap Kepuasan Komunikasi (Studi Kasus Di PT. Wahana Solusi Manajemen)

Michael Michael, Widayatmoko Widayatmoko

Article Metrics

Abstract view : 107 times

Abstract

Perusahaan adalah sebuah institusi yang sangat kompleks dimana terdapat banyak individu yang memiliki pemikiran berbeda dan dibatasi dengan hirarki  dan jabatan tertentu (Sherly, Widayatmoko & M.Adi Pribadi 2012). Di dalam perusahaan terdapat pemimpin dan pengikut yang saling membutuhkan satu sama lain dalam mencapai tujuan perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap kepuasan komunikasi di PT.Wahana Solusi Management. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori kepemimpinan transformasional menurut Burns (dNorthouse, 2013) dengan 4 dimensi yaitu pengaruh ideal, motivasi yang menginspirasi, rangsangan intelektual, dan pertimbangan yang diadaptasi. Serta teori kepemimpinan transaksional menurut Burns (Northouse, 2013) dengan 2 dimensi yaitu  imbalan kondisional dan manajemen dengan pengecualian. Teori kepuasan komunikasi menurut Pace & F.Faules (Mulyana, 2006) dengan 8 dimensi yaitu Informasi yang berkaitan dengan pekerjaan, kecukupan informasi, kemampuan untuk menyarankan perbaikan, efisiensi berbagai saluran komunikasi ke bawah, kualitas media, cara sejawat berkomunikasi, informasi tentang organisasi secara keseluruan dan integrasi organisasi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan PT.Wahana Solusi Management  sebanyak 22 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu metode sensus dan menggunakan metode survey. Berdasarkan Hasil Penelitian adalah bahwa  persamaan regresi linear berganda Y = 26,642 + (-0,236) X1 + 0,996 (X2) yang menyatakan terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan komunikasi di PT.Wahana Solusi Manajemen dengan nilai sig. 0,189 dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan transaksional terhadap kepuasan komunikasi di PT.Wahana Solusi Manajemen dengan nilai sig. 0,000. Dari hasil uji F (Annova) dikatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap kepuasan komunikasi dengan nilai sig. sebesar 0,000.

Keywords

kepemimpinan transformasional; kepemimpinan transaksional; kepuasan komunikasi

References

Edit Terek, Milan Nikolic, Bojana Gligorovic, Dragana Glusac & Ivan Tasic. (2015). The Impact on the Communication Satisfaction of Primary School Teachers in Serbia.

Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi ke-4). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

http://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/48

https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/38

Margaretha Sherly, Widayatmoko & Muhammad Adi Pribadi. (2012). Analisis Komunikasi Pemasaran Terpadu PT. Cubes Consulting Dalam Membangun Brand Association.

Nisfiannoor, Muhammad. (2013). Pendekatan Sistematika Modern: Aplikasi dengan Software SPSS dan Eviews. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.

Northouse, Peter.G. (2013). Kepemimpinan: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Indeks.

Pace, R.Wayne & Don, F. Faules. (2006). Komunikasi Oganisasi (Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan). Editor: Deddy Mulyana. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Santoso, Singgih dan Ashari. (2005). Menguasai Statistik di Era Informasi dengan SPSS 12. Jakarta: PT.Alex Media Komputindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Copyright (c) 2018 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.