Analisis Proses Komunikasi Toko Garage Moving Terhadap Pelanggan Melalui Tokopedia
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas tentang proses komunikasi yang terjadi antara penjual dengan pelanggan Toko Garage Moving. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil observasi partisipatif terhadap komunikasi yang dilakukan oleh penjual dan pelanggan Toko Garage Moving berserta hasil wawancara. Sedangkan data sekunder berupa data atau informasi yang diperoleh dari buku, jurnal, dan internet yang berkaitan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa proses komunikasi yang terjadi antara penjual dan pembeli Toko Garage Moving telah melibatkan lima unsur proses komunikasi yakni komunikator, pesan, komunikan, media, dan efek. Hal ini sesuai dengan teori proses komunikasi yang dipaparkan oleh Harold D. Laswell. Dalam pelaksanaannya Tokopedia membantu Toko Garage Moving untuk berkomunikasi dengan pelanggannya, sehingga proses komunikasi dapat berjalan dengan baik dan memuaskan. Terbukti dengan hasil percakapan antara Toko Garage Moving dengan pelanggannya, yang memahami apa yang dibutuhkan oleh pelanggannya, sehingga dapat melakukan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pelanggan. Berarti penyampaian pesan oleh komunikator kepada receiver berjalan dengan baik meskipun ada beberapa halangan (noise) seperti, pemahaman pesan, waktu menanggapi pesan dan kecepatan dalam membalas pesan.
Article Details
References
Bungin, Burhan. (2008). Sosiologi komunikasi: teori, paradigma, dan diskursus teknologi komunikasi di masyarakat. Jakarta: Kencana
Cangara, Hafied. (2016). Pengantar ilmu komunikasi. Edisi kedua. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Hidayat, Taufik. (2008). Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce. Jakarta: Media Kita
https://www.communicationtheory.org/lasswells-model/
https://www.kemenkeu.go.id/media/7242/media-keuangan-maret-2018-2.pdf
https://www.kominfo.go.id/content/detail/6861/program-prioritas-tata-kelola-internet/0/pp_internet
Kriyantono, Rahmat. (2006). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: PT Kencana Perdana
Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi serba ada serba makna. Jakarta: Kencana
Maryno, Y. dan B. Patmi Istiana. (2008). Teknologi informasi & komunikasi 3. Bogor: Quadra
Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Morrisan. (2010). Periklanan: komunikasi pemasaran terpadu.
Jakarta: Prenadamedia Group
Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu komunikasi: suatu pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurjaman, Kadar, dan Khaerul Umam. (2012). Komunikasi & public relation. Bandung: CV Pustaka Setia
Priansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi pemasaran terpadu. Bandung: CV Pustaka Setia
Purwanto, Djoko (2011). Komunikasi bisnis. Edisi keempat. Jakarta: Erlangga
Sarwono, Jonathan. (2008). Teori e-commerce. Bandung: Gava Media
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryanto. (2017). Pengantar ilmu komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia
Tjiptono, Fandy. (1997). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi
Verderber, Rudolph F, dan Katheleen S. Verderber. (2008). Communicate!. 12th edition. Belmont : Thomson Higher Education
West, Richard, dan Lynn H. Turner. (2012). Pengantar teori komunikasi: analisis dan aplikasi. Edisi 3 buku 1. Jakarta: Salemba Humanika