Pembentukan Digital Personal Branding di Media Sosial Akun Instagram @Chiquitalimer

Main Article Content

Christina Susanti
Sinta Paramita

Abstract

Social media is a place for people to get and convey information, and entertainment, and can even be a place for people to carry out business activities so that it can be said that social media is also a place for both people and an organization or company to build personal branding or self-image. This research examines the account of a content creator on Instagram, namely Chiquita Limer (@chiquitalimer). This research is qualitative using a netnographic method that uses data from a website, namely analysis.io. The primary data of this research is through observation of online data collection. The theories and concepts used in this research are Public Relations, Digital Personal Branding, The Eight Laws of Personal Branding, Digital Content, and New Media. The results of this study are that the personal branding formed by Chiquita Limer is indirectly in accordance with The Eight Laws of Personal Branding and through this research, it can be concluded that everyone with different backgrounds can carry out personal branding and by building it in a strong and appropriate manner, the engagement rate on social media can increase.


Media sosial menjadi wadah bagi masyarakat untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi, hiburan, bahkan dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan bisnis sehingga dapat dikatakan media sosial juga menjadi wadah baik bagi orang maupun suatu organisasi atau perusahaan untuk membangun personal branding atau citra diri. Penelitian ini meneliti akun seorang konten kreator di Instagram, yaitu Chiquita Limer (@chiquitalimer). Penelitian ini bersifat kualitatif menggunakan metode etnografi yang menggunakan data dari sebuah website, yaitu Analisa.io. Data primer penelitian ini adalah melalui observasi pengumpulan data online. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah public relations, digital personal branding, the eight laws of personal branding, konten digital, dan new media. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa personal branding yang dibentuk Chiquita Limer secara tidak langsung sesuai dengan The Eight Laws of Personal Branding dan melalui penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa semua orang dengan latar belakang yang berbeda dapat melakukan personal branding dan dengan membangunnya secara kuat dan tepat, engagement rate di media sosialnya dapat meningkat.

Article Details

How to Cite
Susanti, C., & Paramita, S. (2024). Pembentukan Digital Personal Branding di Media Sosial Akun Instagram @Chiquitalimer. Prologia, 8(1), 42–49. https://doi.org/10.24912/pr.v8i1.21608
Section
Articles

References

Dwi, E., & Watie, S. (2012). Periklanan Dalam Media Baru (Advertising In The New Media ). Jurnal The Messenger, IV(1), 37–42. http://id.wikipedia.org /wiki/Media_sos

Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi (D. E. Restiani, Ed.). CV Jejak. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=7 RwREAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=etika+penelitian+wawancara+kualitatif+&ots=WtP0TaMXFg&sig=spHKfdEI4K7gHiidgjfQRxCqPeE&redir_esc=y#v=onepage&q=etika%20penelitian%20wawancara%20kualitatif&f=false

Ievansyah, & Sadono, T. P. (2018). Personal Branding Dalam Komunikasi Selebritis (Studi Kasus Personal Branding Alumni Abang None Jakarta di Media Sosial "Instagram). 4(2), 149–162. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30813/brico lage.v4i02.1658

Inami, D. F. L., & Nurislaminingsih, R. (2019). Analisis Bentuk Personal Branding Pustakawan Melalui Media Sosial (Studi Kasus Pada Akun Media Sosial Pustakawan di Kota Semarang, Salatiga, dan Yogyakarta). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 131–140. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/ view/23219

Mettasatya Afrilia, A. (2018). Personal Branding Remaja di Era Digital. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1), 20–30. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/m ediator.v11i1.3626

Montoya, P., & Vandehey, T. (2002). The Personal Branding Phenomenon. Personal Branding Press Publishing. https://books.google.co.id/books?id=ZIt0rdXb 7y0C&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Nasih, M., Susanto, O. M., Fanshury, A. R., & Hermawan, S. (2020). Influencer dan Strategi Penjualan: Studi Netnografi pada Pengguna Jasa Selebgram sebagai Media Promosi. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 135–144. https://journals.ums.ac.id/index.php/benefit/article/view/11305

Purba, B. (2018). Pengaruh Public Relations Terhadap Peningkatan Pengguna Jasa di Bandara Internasional Kualanmu Kab. Deli Serdang. Jurnal Network Media, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.46576/jnm.v1i1.604

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623

Salam, O. D. (2020). View of Personal Branding Digital Natives di Era Komunikasi Media Baru (Analisis Personal Branding di Media Sosial Instagram). Jurnal Becoss, 2, 19–30. https://journal.binus.ac.id/index.php/BECOSS/article/view/6 070/3740

Srihasnita Rc, R., & Dharmasetiawan. (2018). Strategi Membangun Personal Branding Dalam meningkatkan Performance Diri. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 4(1), 19–25. https://doi.org/https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v4i1.85

Widia, K., Supriatna, S., & Hidayat, D. (2021). Digital Branding @Arisancuankita Melalui Sosial Media Instagram. Persepsi: Communication Journal, 4(2), 193–207. https://doi.org/10.30596%2Fpersepsi.v4i2.8153