Analisis Personal Branding di Media Sosial (Studi Kasus pada Channel YouTube Windah Basudara)
Main Article Content
Abstract
YouTube is more than just a video sharing platform. This Google-owned platform has various features, one of which is live streaming or live broadcasts. This feature allows users to stream live video for various purposes, from watching entertainment to broadcasting important events such as webinars. This study aims to analyze and describe how YouTube Windah Basudara's personal branding. The theory used in this research is communication, mass communication, new media, and personal branding. This study uses a descriptive qualitative research method by collecting data by observing the content provided, interviewing informants who are subscribers of the Windah Basudara channel, and studying the literature. The results of this study indicate that Windah Basudara has fulfilled the main concepts of personal branding to market and provide unique content created by him. This shows that this digital era can never be separated from personal branding communications on social media. In communicating personal branding, you must be able to choose which social media is the right target. Of course, in creating content, there must be a difference in order to have appeal.
YouTube lebih dari sekadar platform berbagi video. Platform milik Google ini memiliki fitur beragam, salah satunya adalah live streaming atau siaran secara langsung. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan streaming video langsung untuk berbagai keperluan, mulai dari menonton hiburan hingga menyiarkan acara penting seperti webinar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta medeskripsikan bagaimana personal branding YouTube Windah Basudara. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah komunikasi, komunikasi massa, media baru, dan personal branding. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data dengan cara observasi konten yang diberikan, wawancara informan yang merupakan pelanggan dari channel Windah Basudara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Windah Basudara telah memenuhi konsep-konsep utama personal branding untuk memasarkan dan memberikan keunikan konten yang dibuat olehnya. Hal ini menunjukkan bahwa era digital ini tidak pernah bisa lepas dari komunikasi personal branding di media sosial. Dalam mengkomunikasikan personal branding harus bisa memilih media sosial yang mana yang tepat target sasaran. Tentunya dalam membuat konten harus dimiliki suatu perbedaan agar mempunyai daya tarik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Cangara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Kedua. PT. Raja Grafindo Persada.
Cecariyani, S. A., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Kreatif dan Tujuan Konten YouTube (Studi Kasus Konten prank Yudist Ardhana). Prologia, 2, 495–502.
Ciampa, R., & Moore, T. (2015). YouTube channels for dummies. John Wiley & Sons.
Hadi, A., Asrori, A., & Rusman, R. (2021). Penelitian kualitatif: studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi. CV Pena Persada.
Haroen, D. (2014). Personal Branding: Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik. Gramedia Pustaka Utama.
Ikhwan, M. (2022). Manajemen Media Kontemporer: Mengelola Media Cetak, Penyiaran, dan Digital. Prenada Media.
Maulida, L. (2022). YouTube Rilis Fitur “Saweran” Super Chat dan Super Sticker di Indonesia. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2022/08/16/15200027/youtube-rilis-fitur-saweran-super-chat-dan-super-sticker-di-indonesia?page=all
Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Pustaka Baru.
Raharjo, F. S. (2019). The Master Book of Personal Branding: Seni Membangun Merek Diri dengan Teknik Berbicara. Anak Hebat Indonesia.
Tamimy, M. F. (2017). Sharing-mu, Personal Branding-mu: Menampilkan Image Diri dan Karakter di Media Sosial. VisiMedia.
Tania, A. S. R. et al. (2020). Media Sosial, Identitas, Transformasi, dan Tantangannya. Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan Inteligensia Media (Intrans Publishing Group).
Teamrrq.com. (2021). TEAM RRQ UMUMKAN BRAND AMBASSADOR BARU: WINDAH BASUDARA. https://teamrrq.com/news/team-rrq-umumkan-brand-ambassador-baru-windah-basudara