Analisis Instagram Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam Menjangkau Generasi Muda

Main Article Content

Zhafirah Sholihah
Ahmad Junaidi

Abstract

Technological advances have made people switch into new media which marked by internet, smartphones, and digital platformsespecially social media. Currently, the massive development of social media has made organizations and government agencies begin to switch to using social media, especially Instagram for publication activities. This is also what the Public Relations Team of Direktorat Jenderal Perhubungan Laut does by utilizing Instagram to reach its target audience; gen z and millennials. This study uses a qualitative research approach with a case study method. There are three theories used, such as government public relations, generation z and millennials, and New Media Theory by Pierre Levy. Based on DJPL's Instagram analysis, it shows that Dirjan Perhubungan Laut prioritizes creative and interactive content production on Instagram, change the appearance of the Instagram account to be more relatable for younger audiences, improves the capabilities of the internal team, and forms an external community consisting of the younger generation so that it can attract their attentions to reach its target audience, specifically Gen Z and Millennials.


Kemajuan teknologi yang kian pesat membuat manusia berpindah ke era media baru yang ditandai dengan adanya internet, ponsel pintar, dan kemunculan platform digital yaitu media sosial. Saat ini, perkembangnya media sosial yang masif membuat organisasi maupun instansi pemerintah mulai beralih menggunakan media sosial khususnya Instagram sebagai sarana publikasinya. Hal itu pula yang dilakukan oleh Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan memanfaatkan Instagram dalam menjangkau sasaran audiensnya, yaitu generasi z dan milenial. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Terdapat tiga teori konsep yang digunakan, yaitu humas pemerintah, generasi Z dan milenial, dan teori New Mediaoleh Pierre Levy. Berdasarkan analisis Instagram @djplkemenhub151, menunjukkan bahwa Instagram Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengutamakan produksi konten yang kreatif dan interaktif, merombak tampilan Instagramnya menjadi lebih kekinian agar terhubung dengan generasi muda, meningkatkan kemampuan tim internal, serta membentuk komunitas eksternal yang beranggotakan generasi muda agar dapat menarik perhatian sehingga dapat memperluas sasaran audiensnya yakni generasi Zdan milenial.

Article Details

How to Cite
Sholihah, Z., & Junaidi, A. (2024). Analisis Instagram Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam Menjangkau Generasi Muda. Prologia, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.24912/pr.v8i1.21490
Section
Articles

References

Aisy, R., & Yoedtadi, M. G. (2022). Peran Bidhumas Polda Metro Jaya dalam Membangun Citra Positif Polisi Melalui Media Sosial Instagram. Kiwari, 1(2), 377. https://doi.org/10.24912/ki.v1i1.15723

Barni, M. (2019). Tantangan Pendidik Di Era Millennial. Transformatif, 3(1). Https://Doi.Org/10.23971/Tf.V3i1.1251

Lubis, E. E. (2012). Peran Humas Dalam Perusahaan. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(1).

Setyanto, Y., & Anggarina, Paula T. (2016). Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Perusahaan Dengan Media. Jurnal Komunikasi, 9(September), 2–10.

Zis, S. F., Dewi, R. S., & Efendi, Z. (2021). Model Perilaku Komunikasi Generasi Muda Dalam Pemanfaatan Media Digital Memasuki Era 4.0 Dan 5.0 di Kecamatan Kuranji. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1), 66–87. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i1.3624